Story Behind My Fanfiction [JILID 3]

Ini bukan FF, dan tulisan ini diposting bukan dengan maksud apa-apa, just share ^_^

Dha khanzaki pict

Masih ingat bukan dengan Story Behind My Fanfiction Jilid 1 dan Jilid 2? Sekarang aku Dha Khanzaki selaku author dan owner WP ini ingin membagi pengalamanku membuat FF dalam Story Behind My Fanfiction Jilid 3. Bagi yang belum membaca Jilid sebelum-sebelumnya, bisa mengklik link berikut ini ^_^
Jilid 1 | Jilid 2

1. Write A Story, Something That Make Me Happy.

Tidak selamanya berimajinasi itu merupakan kegiatan yang tidak berguna, terutama untuk para seniman dan penulis seperti aku ini. Sebenarnya aku belum pantas sih, menyebut diriku sebagai seorang author karena aku hanya sekedar suka mengaplikasikan imajinasiku ke dalam bentuk tulisan. Meskipun pekerjaanku berganti-ganti, usiaku bertambah, tetapi satu hal yang tidak berubah dariku sejak dulu adalah berimajinasi dan menulis sebuah cerita. Ada beberapa orang yang menganggapku sangat bodoh karena terlalu sering berimajinasi. Hei, it’s okay. Berimajinasi bukan sebuah dosa bukan?

Aku bahagia dengan apa yang kulakukan. Seperti halnya bertemu dengan seseorang yang dicintai, bagiku menulis dan mempersembahkan hasil karyaku agar dibaca orang lain sama bahagianya. Karena itu aku tidak pernah memaksa siapapun yang membaca ceritaku untuk memberikan komentar. Jika suka dan berkenan silakan berkomentar dan jika sempat juga tidak apa-apa. Dan aku sangat menghargai orang-orang yang meluangkan sedikit waktunya untuk berkomentar karena satu komentar dari kalian menjadi semacam penyemangat untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Bagiku seorang silent reader adalah seorang pembaca juga, bukan hama yang seharusnya diusir pergi hanya karena tidak sempat memberikan komentar. Mungkin saja pembaca tersebut tidak tahu caranya, atau mungkin karena cerita yang kubuat tidak bagus, maka satu-satunya cara yang kulakukan adalah memperbaiki ceritanya, bukan menjadikan para silent reader sebagai musuh ^_^ Jika ceritanya bagus maka silent reader pun pasti akan terketuk hatinya untuk berkomentar ^_^ *ini fakta bukan teori, aku mengalaminya sendiri*

Aku selalu berharap karya-karya yang kubuat bisa bermanfaat atau setidaknya memberikan sepercik kebahagiaan dan seulas senyum bagi setiap orang yang membaca karyaku. Sekali lagi, menulis membuatku bahagia. Dan aku tidak menyesal karena sebagian waktuku habis hanya untuk memikirkan sebuah karya. Inilah, caraku bahagia.

2. Where I Got An Inspiration?

Pasti sebagian dari teman-teman bertanya ‘Kok bisa ya kepikiran bikin cerita kayak gini?’ atau malah kalian tidak penasaran sama sekali? Sedikit aku akan berbagi pengalamanku mendapatkan inspirasi. Jika jilid sebelumnya kita sudah membahas beberapa FF yang dibuat sebelum aku membuat WP ini, maka beberapa FF di bawah ini adalah FF yang dibuat setelah WP ini resmi dibuka.

Kita mulai dari FF yang satu ini.

  • Shady Girl Ryeowook’s Story

Shady Girl Ryeowook's Story by Dha Khanzaki2

Pada tahap pembuatan seri Shady Girl dengan cast utama Ryeowook ini, aku sempat berencana ‘menjodohkan’ cast Ryeowook dengan cast Sulli yang notabenenya adalah adik tiri Siwon. Namun saat mulai membuat kerangka cerita, aku sadar tidak mungkin menjadikan kedua tokoh itu sepasang kekasih karena aku tidak menemukan kecocokan sama sekali baik dalam segi sifat, konflik yang bisa dimunculkan dan chemistry. Aku sempat bingung, membaca kembali cerita Shady Girl seri sebelumnya untuk menemukan cast wanita yang sesuai untuk Ryeowook. Seperti mendapatkan ilham dari langit, aku sadar jika karakter Tiffany disatukan dengan karakter Ryeowook dalam satu cerita akan membentuk harmoni. Dan ide cerita pun bermunculan. Konflik sudah tersusun dan aku sangat nyaman dalam proses penulisannya karena karakter Tiffany benar-benar membuat cerita menjadi berwarna.

Lucu juga jika seorang aktris yang berpikir semua orang pasti mengenalnya ternyata berhadapan dengan seorang pria yang tidak mengenalinya sama sekali bahkan ketika artis itu dengan bangga memamerkan dirinya. Itulah yang menjadi dasar cerita. Pria yang menjadi sumber permasalahan si aktris ternyata justru menjadi sang pahlawan. Dari semua cerita Shady Girl, aku sangat menyukai Ryeowook’s Story ini karena konfliknya unik dan tidak terduga, aku sendiri sebagai penulis menemukan ide-ide lucu di tengah proses penulisan. Aku sangat menyukai karakter Tiffany dan menurutku dia adalah The Best Character Female kedua di Shady Girl. Yang pertama adalah Cho Jarin dalam Shady Girl Kibum’s Story, yang ketiga itu Kim Mira dalam Shady Girl Eunhyuk’s Story, disusul Park Haebin dalam Shady Girl, Sung Youngjae dalam Shady Girl Heechul’s Story, Na Hyunjung dalam Shady Girl Kyuhyun’s Story, Shin Insung dalam Shady Girl Sungmin’s Story, Lee Sunhee dalam Shady Girl Siwon’s Story, lalu Choi Sulli dalam Shady Girl Taemin’s Story. (Sekali lagi ini hanyalah penilaian relatif. Readerdeul pasti punya pemikiran sendiri ^^)

Ada salah satu teman yang bertanya ketika FF ini diterbitkan; “Kenapa tokoh utamanya gak OC aja sih? Aku kan jadi kagok baca FF yang tokoh utamanya artis sama artis.”

Alasan mengapa memakai Tiffany Hwang sebagai satu-satunya cast cewek yang bukan OC di Shady Girl series adalah karena aku suka Tiffany. Dari semua member Girls Generation, yang paling aku suka adalah Tiffany, makanya Cuma Tiffany juga yang jadi tokoh utama di Shady Girl Series. Tiffany itu memberikan kesan imut, ceria, hangat, dan spontan.

Kembali lagi ke cerita. Meskipun Tiffany sangat arogan dan tidak mengenal kata kalah, sebenarnya Tiffany adalah sosok yang lembut sekaligus rapuh. Kisah cintanya berakhir sedih hanya karena dia malu untuk berkata jujur. Maka di saat ia jatuh cinta untuk kedua kalinya, ia bertekad membuat kisah cintanya berakhir bahagia. Tak peduli meskipun dia harus berkorban nyawa.

Sebenarnya cerita Shady Girl Ryeowook’s Story ini adalah bagian dari Shady Girl Siwon’s Story hanya saja diceritakan versi Tiffany. Karena itu jangan heran jika ada beberapa scene yang muncul di Siwon’s Story muncul kembali dalam Ryeowook’s Story hanya saja dalam versi Tiffany.

Awal cerita bermula dari kembalinya Tiffany ke Korea setelah bertahun-tahun bekerja di kedutaan Inggris untuk Korea sebagai Atase. Dia meninggalkan dunia keartisannya demi mewujudkan cita-cita menjadi wanita hebat. Tiffany datang untuk hadir dalam acara reuni SMA sekaligus bertemu kembali dengan sang cinta lama, Cho Kyuhyun. Meskipun Kyuhyun adalah pria yang aneh, tetapi Tiffany sangat mengaguminya. Karena itu juga Tiffany memutuskan vakum dari jagad industri hiburan dan beralih ke jalur yang berlawanan dengan dunianya. Di Korea dia tinggal bersama sepupunya, Henry Lau yang bekerja sebagai fotografer di salah satu majalah terkemuka Korea. Tetapi di tengah usahanya mendapatkan hati Kyuhyun, ia justru bertemu dengan pria polos dan menyebalkan, Kim Ryeowook. Ryeowook adalah seorang bartender yang bekerja di sebuah klub malam terkenal. Tiffany syok berat karena Ryeowook tidak tahu bahwa dirinya seorang artis terkenal. Tentu saja Tiffany langsung tidak menyukai Ryeowook. Namun di pesta reuni yang dihadirinya, Tiffany mendapati cintanya ditolak bahkan sebelum diungkapkan karena ternyata Kyuhyun telah menikah. Di saat ia hampir menghancurkan dirinya sendiri karena patah hati, orang yang ada untuk menolongnya justru pria yang tidak ingin ia temui lagi, Kim Ryeowook. Semakin hari Tiffany sadar Ryeowook adalah pria yang baik dan perlahan ia mulai menyukainya. Konflik menjadi semakin panas ketika Ryeowook berkata pada Tiffany agar tidak jatuh cinta kepadanya.

Ada satu hal yang sempat membuat aku sangat drop ketika proses penulisan FF ini. Saat FF ini aku publish dalam akun facebook, salah seorang reader yang tidak boleh disebut namanya berkata bahwa FF INI ADALAH FF SAMPAH. Konfliknya tidak jelas, bahasanya berantakan, dan ceritanya aneh. Aku tidak tahu mengapa pembaca yang satu itu bisa berkata demikian. Ini kali kedua FFku dibilang sampah setelah sebelumnya FF When We Meet pun menjadi korban bashing. Padahal dari sekian banyak Shady Girl series, justru aku sangat suka cerita Ryeowook’s Story ini karena konfliknya yang tidak biasa dan perpaduan dua karakter yang benar-benar bertolak belakang. Tapi tidak apa-apa, aku anggap saja itu adalah salah satu alat pacu untukku agar membuat cerita yang lebih berkualitas. Meskipun tujuan utama aku bukanlah untuk mendulang pujian, aku tetap berharap meskipun ceritaku jelek dan tidak bermutu, para pembaca bisa menghargai karya yang sudah kubuat dengan susah payah dengan memberikan kritik dan saran yang membangun, bukan kritik yang bisa menjatuhkan semangat penulis. ^_^

  • Hello My Glassess Namja

Hello My Glassess Namja by Dha Khanzaki

Pertama kali terlintas ide untuk membuat cerita ini adalah saat aku membaca sebuah komik yang isinya seputar pembully-an. Aku pikir mungkin ide bagus jika ada seseorang yang sengaja membully hanya untuk mendapatkan perhatian orang yang disukainya. Yup, itulah cara yang dipakai Lee Minah, tokoh utama dalam FF ini. Bertepatan dengan ulang tahun Abang Sungmin, dibuatlah FF ini. Konfliknya sengaja dirancang sesingkat mungkin karena aku berencana membuat FF ini berjumlah dua chapter saja,tetapi dalam proses penulisan justru menjadi dua kali lipatnya.

Lee Minah sang tokoh utama adalah gadis yang cantik, menjadi idola di kampusnya dan berambisi menjadi seorang wanita sukses. Siapa yang akan percaya saat wanita secantik dirinya jatuh cinta pada pria biasa saja, pendiam, dan berpenampilan culun semacam Lee Sungmin?

Karakter Lee Sungmin dibuat sangat tertutup. Tidak akan diperhatikan orang lain jika tidak berusaha menonjolkan diri sendiri. Namun Minah memiliki cara unik untuk membuat Sungmin meliriknya. Minah terus membully Sungmin berharap mendapatkan perhatian pria itu. Tetapi sekeras apapun Minah mengganggunya, Sungmin tetap bersikukuh mengabaikannya. Minah sangat tidak mengerti. Semua pria mencintainya, lalu mengapa Sungmin tidak mencintainya? Itulah yang membuat Minah begitu menggebu ingin mendapatkan perhatian Sungmin. Hingga akhirnya takdir mempersatukan mereka dalam ikatan pernikahan, Sungmin tetap menjadi suami yang sangat dingin. Minah tidak pernah menyerah, ia percaya jika berusaha ia akan berhasil mencairkan hati Sungmin. Ternyata Sungmin memang luluh, terutama setelah tahu bahwa Minah mengandung anaknya.

Ceritanya singkat, namun manis. Hal yang ingin kusampaikan dari cerita ini adalah bahwa tidak perlu menjadi sangat hebat untuk membuat orang yang kau cintai mencintaimu, tetapi cukup menjadi diri sendiri dan tunjukkan saja perasaanmu tanpa ragu. Seperti yang Sungmin katakan pada Minah; Kecantikan lahir dari kesederhanaan. Yeah, kata-kata itulah yang membuat Minah sangat mencintai Sungmin ^_^

  • Hello My Charming Yeoja

Hello My Charming Yeoja by dhaKhanzaki

FF ini adalah side story dari FF Hello My Glassess Namja. Khusus dalam cerita ini mengisahkan bagaimana gigihnya Cho Kyuhyun, atasan Lee Minah dalam meraih cinta Shin Jeyoung yang tidak lain adalah sahabat baik Lee Minah.

Cerita ini dibuat untuk melengkapi cerita Sungmin-Minah saja. Karena beberapa pembaca gemas dengan keteguhan Kyuhyun mengejar cinta Jeyoung dan betapa dinginnya Jeyoung terhadap pria itu, lahirlah FF ini. Sejak awal, Kyuhyun tahu jalannya meraih hati Jeyoung akan sangat sulit karena ternyata Jeyoung memiliki masa lalu yang buruk dengan pria dan gadis itu telah jatuh cinta pada pria lain yaitu Lee Sungmin, suami sahabatnya.
Bagian yang menyenangkan saat membuat FF ini adalah ketika Kyuhyun melakukan seluruh saran Minah tak peduli cara yang disarankan Minah akan membuat Jeyoung membencinya. Dan Kyuhyun tidak pernah malu menunjukkan cintanya untuk Jeyoung sekalipu itu di depan Ayahnya sendiri. Lucunya, sang Ayah mendukung penuh usaha Kyuhyun memikat Jeyoung.

Kyuhyun sangat terpesona pada sosok Jeyoung, terlebih ketika memergoki Jeyoung sedang berdandan di depan kantornya sendiri. Terpikat, bayangan bagaimana Jeyoung mengibaskan rambut, mengoleskan lipstik sampai mengedipkan matanya tak lepas dari pikiran Kyuhyun. Ia bertanya-tanya siapa gadis itu dan alangkah gembiranya saat tahu bahwa gadis yang membayang-bayangi hidupnya selama beberapa hari terakhir adalah sekretaris baru Ayahnya. Kyuhyun tidak ragu menunjukkan ketertarikannya sampai Ayahnya pun melihat dengan jelas niat putranya itu. Beberapa kali kesempatan bahkan Ayahnya mencoba menjodohkan Jeyoung dan Kyuhyun. Jeyoung yang pada awalnya membenci Kyuhyun pun lambat laun mulai luluh. Kyuhyun adalah tipikal pria yang baik, menyenangkan, dan tulus mencintainya. Hanya saja gambaran buruk tentang terjebak dengan seorang pria membuatnya ketakutan. Jeyoung takut Kyuhyun akan menyakitinya seperti ayahnya menyakiti ibunya. Kyuhyun bersikeras menunjukkan bahwa dia bukan pria seperti itu.

Satu quotes untuk FF ini adalah; pantang menyerah adalah satu-satunya cara untuk meluluhkan seseorang yang kau cintai. Seperti cara Kyuhyun menakhlukan Jeyoung. Meskipun ditolak berkali-kali, Kyuhyun tetap teguh mencintai Jeyoung.

  • I Hate You, But..

I Hate You But By Dha Khanzaki

Ini adalah FF kedua setelah Kanpeki Na Bad Girl yang dibuat secara tidak sengaja alias ‘kecelakaan’. Ide ceritanya terlintas begitu saja. Tidak ada konsep, kerangka cerita, bahkan sampai pertengahan cerita pun aku bingung akhir FF ini seperti apa. Pada awal ide itu terlintas, aku berniat membuatnya menjadi FF satu kali tamat (oneshoot). Tetapi sadar masalahnya tidak mungkin selesai hanya dalam satu episode.

Saat sedang melamun sambil menonton drama Korea, tiba-tiba terlintas ide membuat cerita bertemakan kebencian yang mendalam. Maka lahirlah FF ini. Aku memilih karakter Kim Soeun karena menurutku dia sangat polos jika memerankan seorang wanita yang mencintai kekasihnya, tetapi dipaksa mengakhiri hubungan asmaranya demi sang ayah dan akhirnya menikah dengan pria pilihan ayahnya yang tak lain adalah Choi Siwon. Berharap pernikahan tanpa cinta itu bisa membuatnya bahagia, Soeun justru mendapati Siwon membencinya setengah mati karena gara-gara Soeun-lah, Siwon tidak bisa menikah dengan gadis yang sangat dicintainya, Park Eunji. Siwon menyalahkan Soeun atas semua kesialan yang terjadi dalam hidupnya. Bahkan bertekad menyiksa Soeun agar Soeun memaksa untuk bercerai dengannya.

Tetapi satu hal yang tak disangka Siwon bahwa Kim Soeun istri yang dia benci adalah seorang wanita yang berhati lembut, pemaaf, dan tak pernah bisa membenci orang lain. Soeun juga tipikal anak yang berbakti pada orangtua, bahkan dia rela memutuskan Donghae, kekasihnya demi membahagiakan sang ayah yang sakit keras dan ingin melihatnya menikah dengan Siwon, pria yang sudah dipilihnya untuk membahagiakan Soeun.

Sampai di sini cerita masih lancar, tetapi aku mulai bingung bagaimana menyelesaikan konflik antara Siwon dan Soeun. Jika selesai begitu saja maka tidak akan ada kesan ‘greget’nya. Maka aku spontan memunculkan kembali karakter Lee Donghae yang meminta Soeun untuk meninggalkan Siwon setelah tahu Soeun tidak bahagia menikah bersama Siwon. Donghae melepaskan Soeun untuk pria lain karena berharap Soeun bisa bahagia. Tetapi melihatnya menderita justru membuat Donghae sangat sedih. Tetapi Soeun tidak tergiur oleh tawaran Donghae karena ia sadar ia jatuh cinta pada suaminya tak peduli Siwon menginginkannya enyah dari hidupnya. Soeun sadar ia bodoh, tetapi ia tidak peduli. Meskipun berkali-kali melihat Siwon bermesraan dengan Eunji—kekasihnya, Soeun selalu memaafkan Siwon dan percaya Siwon bisa berubah.

Siwon yang pada awalnya berusaha menyingkirkan Soeun agar ia bisa bahagia bersama Eunji perlahan-lahan menyadari ia terpikat pada kebaikan hati Seoun. Ia sadar satu-satunya wanita yang bersedia berada di sampingnya, menghadapi badai bersamanya hanyalah Kim Soeun.

Dalam FF ini juga ada kata mutiara yang sangat kusukai, yaitu kata-kata yang diucapkan Kyuhyun, sahabat Siwon kepadanya ketika Siwon bersikukuh bahwa ia mencintai Eunji dan akan membenci Soeun selamanya yaitu; “Hati manusia adalah komponen paling rumit yang dibuat Tuhan. Kau tidak tahu siapa sebenarnya nama yang tertulis dalam hatimu.” Memang benar bukan, terkadang saat kau bersikukuh mengatakan mencintai seseorang, ternyata diam-diam Tuhan menuliskan nama orang lain di hatimu dan kelak ketika kau menyadarinya, kau tahu bahwa hatimu salah membaca apa yang sebenarnya tertulis di sana. Karena Tuhanlah yang menentukan kepada siapa kau jatuh cinta ^_^ *pengalaman pribadi*. Sesuai dengan judul bukan, ‘Aku membencimu, tetapi…” silakan isi titik-titiknya sendiri.

Aku sangat santai saat menyelesaikan cerita ini. Aku menyukai karakter Kim Soeun dan Lee Donghae dalam cerita ini. Mereka memang dibuat memiliki karakter yang serupa. Baik hati, pemaaf, dan tulus mencintai orang lain. Tetapi mereka tidak menyangka sama sekali bahwa karakter serupa itu justru memberikan mereka fakta bahwa ada pertalian darah yang erat di antara mereka berdua dan hal itulah yang membuat Ayah Soeun menentang keras ketika mereka berdua menjalin hubungan. Lalu bagaimana dengan Siwon dan Eunji? Apa mereka pun memiliki masalah yang sama saat hubungan keduanya ditentang oleh Ayah Siwon? Yah, dapatkan saja jawabannya dengan membaca FF yang satu ini ^_^

  • Shady Girl Heechul’s Story

Shady Girl Heechul's Story by Dha Khanzaki

Sejujurnya, ketika aku dalam tahap penyelesaian FF Shady Girl Ryeowook’s Story, aku benar-benar ingin membuat cerita Shady Girl versi Heechul ini. Aku berjuang keras menyesaikan Ryeowook’s Story dengan harapan ingin segera membuat Heechul’s Story, aku sangat tidak sabar untuk menceritakan kisah cinta antara dua desainer dalam FF Shady Girl Series.

Hal yang sangat membuatku semangat adalah karakter keduanya yang benar-benar bertolak belakang atau bahkan mungkin saling ‘menyerang’ satu sama lain. Karakter Heechul sengaja dibuat sebagai pria yang percaya bisa menakhlukan dunia dengan tangannya sendiri. Heechul sangat membenci diskriminasi, bertangan dingin, dan tidak mengerti cara mengekspresikan rasa cintanya. Semasa kecil ia memiliki pengalaman buruk karena penyakit asma yang membuatnya merasa sangat didiskriminasikan. Masa kecilnya terampas karena ia tidak boleh melakukan kegiatan apapun yang ia sukai, dan Heechul mencurahkan kemarahannya itu pada adiknya yang paling kecil, Kim Kibum. Sebenarnya Heechul tidak suka saat kedua orang tuanya terlalu memerhatikannya yang sakit dan mengabaikan adiknya yang butuh kasih sayang, Heechul mengganggu Kibum berharap Kibum menjadi sosok yang lebih tegar. Penyakitnya juga yang membuat Heechul begitu membenci rumah sakit sampai ia menolak saat Ayahnya menawarkannya masuk sekolah kedokteran. Dengan teguh ia berkata ingin menjadi seorang desainer dan setelah ia dinyatakan sembuh total, Heechul memutuskan keluar dari rumah untuk mewujudkan cita-citanya. Akhirnya, Heechul menjadi seorang desainer yang sukses di Korea.

Meskipun telah mendapatkan semua yang ia inginkan Heechul tidak pernah memikirkan pernikahan sama sekali. Pernikahan berarti komitmen jangka panjang dan komitmen jangka panjang membuatnya terjebak dengan satu orang gadis seumur hidup. Heechul tidak mau jatuh cinta, ia takut kehilangan seperti ketika hatinya sakit karena Taeyeon, adik yang sangat ia cintai meninggal dunia setelah melahirkan. Heechul tidak mau merasakan sakit seperti itu lagi. Namun di saat yang bersamaan ibunya terus mendesak agar ia menikah agar Kim Kibum, adiknya bisa menikah. Heechul berkata jika ingin menikah,menikah saja mengapa ibunya harus memaksakan dirinya menikah lebih dulu di saat ia tidak memiliki teman kencan atau pun kekasih. Sementara Kibum yang sudah jelas-jelas memiliki kekasih dan ingin menikah justru dilarang menikah selama Heechul belum menikah.

Heechul yang dilanda rasa tanggung jawab berkepanjangan akhirnya memutuskan ikut permainan ibunya. Ia ikut kencan buta namun selalu gagal. Tidak mau melihat Kibum kecewa lagi, Heechul pun memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis yang sudah ibunya pilih. Dan gadis malang itu adalah Sung Youngjae.

Youngjae hanyalah gadis biasa. Gigih, polos, dan ceroboh. Di usianya yang menjelang tiga puluh tahun tidak langsung mengubahnya menjadi wanita dewasa. Namun ide-ide cemerlang dalam hal mendesain menjadikannya salah satu desainer tetap sebuah majalah mode terkenal. Bahkan Tiffany Hwang sang artis pun sangat menyukai rancangannya. Youngjae tidak ingin menikah sebelum impiannya terwujud, yaitu pergi ke Italia untuk mendalami ilmu rancang busana di salah satu rumah mode terkenal di sana. Tetapi sial menghampiri, ia dijebak oleh ibunya sendiri dan tanpa sadar telah menandatangani sebuah dokumen yang menyatakan dirinya telah menikah dengan seseorang. Ia mengetahuinya saat ia ditinggal sendiri di Korea sementara kedua orang tuanya pindah ke luar negeri. Rumahnya sudah dijual, membuat Youngjae terpaksa pindah dari rumah tempat ia dibesarkan. Di tengah kebingungan akhirnya Youngjae memutuskan untuk mengikuti saran ibunya, yaitu tinggal di rumah pria yang kini berstatus sebagai ‘suaminya’. Youngjae bahkan tidak mengetahui seperti apa rupanya, hanya tahu bahwa pria itu bernama Kim Heechul.

Seperti kelinci yang dengan sukarela masuk ke dalam kandang singa, itulah yang Youngjae rasakan ketika pertama kali bertemu dengan Kim Heechul. Keduanya sama-sama terkejut saat menatap satu sama lain. Heechul senang karena gadis yang paling ingin ia siksa datang sendiri ke rumahnya, membuat Youngjae terjebak dengan sang iblis supertampan yang tak mengerti bagaimana cara mengungkapkan cinta dengan benar.

Aku sangaaaat suka dengan setiap adegan ketika Heechul berusaha mengintimidasi Youngjae namun pada akhirnya justru dirinya yang terintimidasi. Tetapi ada satu hal yang aku bingungkan saat mengerjakan FF ini, yaitu konflik apa yang cocok agar cerita tidak terkesan datar. Setelah berpikir, merenung, dan mengkhayal cukup lama akhirnya aku memutuskan memunculkan tokoh ketiga, yaitu Hong Inhee, salah satu mantan teman kencan buta Heechul yang bertekad ingin mendapatkan hati pria itu. Mengetahui Heechul sudah menikah dengan gadis yang tidak selevel dengannya sama sekali, Inhee bernafsu menghancurkan pernikahan mereka. Tetapi Inhee harusnya sadar bahwa usahanya sia-sia di saat Heechul maupun Youngjae sama-sama tidak mau terpisahkan satu sama lain.

  • Because WGM, You’ll Be Mine !!

Because WGM You'll Be Mine !! By Dha Khanzaki

Untuk pertama kalinya menonton acara We Got Married di Youtube edisi Nickhun dan Victoria, aku terkesima. Maka terpikirlah aku untuk membuat FF bertemakan acara variety show populer itu. Apalagi saat ide ini tercetus, sedang heboh-hebohnya acara WGM versi China yang melibatkan Kyuhyun—sekalian obat patah hati. Sebenarnya ide FF ini sudah lama, tetapi baru benar-benar ingin menjadikannya sebuah FF saat yah, WGM versi Kyuhyun itu tayang. Aku keki, jengkel banget lihat acara itu. Sebagai pelampiasan, akhirnya aku membuat FF bertema sama. Tetapi, aku tidak mau Kyuhyun dipasangkan dengan aktris manapun. Dan taraaaaaa.. muncullah FF dengan yang mengisahkan seorang gadis biasa yang lolos audisi untuk mengikuti acara WGM versi baru, yang kebetulan melibatkan artis idolanya sendiri, Kyuhyun Super Junior.

Karakter Kyuhyun dalam FF ini tidak jauh berbeda dengan karakter Kyuhyun dalam FF Would You Marry Me, dan ini kedua kalinya aku membuat karakter Kyuhyun berprofesi sama dengan kehidupan nyatanya yaitu penyanyi sekaligus anggota Boyband Super Junior. Aku puas sekali dengan ide cerita ini, bahkan sangat suka.

Pada episode awal aku menggunakan sudut pandang Jeyoung, menceritakan bagaimana perasaan dan hasrat Jeyoung saat dirinya lolos audisi dan bisa bermain dalam satu acara bersama penyanyi idolanya agar pembaca pun bisa ikut merasakan bagaimana bahagia, sedih dan dilemanya Jeyoung dalam cerita ini. Seperti impian kebanyakan fangirl, Jeyoung pun selalu bermimpi bisa bertemu dengan Kyuhyun, dia adalah seorang SPARKYU sejati. Karena itu ia tidak menyangka aplikasi audisi yang iseng dikirimkan Nichan, sahabatnya yang ekstra usil berhasil lolos dan membuatnya menjadi istri virtual Kyuhyun. Siapa yang tidak senang? Jeyoung luar biasa senang tentu saja, bahkan sangat gugup ketika pertama kali bertatap muka dengan Kyuhyun.

Disangka Kyuhyun akan ramah dan menyambutnya seperti kebanyakan artis memperlakukan fansya, Jeyoung terkejut menyadari Kyuhyun bertolak belakang dengan apa yang ia lihat sehari-hari di televisi. Kyuhyun memang usil, tetapi kenyataannya dia luar biasa usil, vulgar, sekaligus luar biasa romantis. Jeyoung hampir tak sanggup bernapas setiap kali Kyuhyun berada di sampingnya. Semua perasaan Jeyoung dalam episode pertama mewakili semua perasaan seorang fans yang berharap bisa menjadi istri idolanya meskipun itu hanya dalam sebuah acara, termasuk aku. hahahaha.

Lalu setelah dua chapter diposting, timbul macam-macam protes dari pembaca yang ingin tahu perasaan Kyuhyun terhadap jeyoung. Maka di episode selanjutnya dimasukan pula sudut pandang Kyuhyun. Rupanya Kyuhyun memang terpesona sejak awal pada Jeyoung. Tetapi untuk menutupi hal itu ia membuat Jeyoung jengkel dengan mengatainya tidak menarik. Meskipun hanya pria biasa dia tetap seorang idola yang menjujung tinggi citra di depan publik. Ia selalu ingin tampil keren di depan Jeyoung sekaligus ingin gadis itu mengenalnya tanpa memandang dirinya adalah seorang artis terkenal. Ia ingin Jeyoung menyukainya karena ia Cho Kyuhyun, bukan Kyuhyun Super Junior.

  • Unpredictable Plan !!

Unpredictable Plan by Dha Khanzaki

Cerita ini muncul dalam rangka memeriahkan ulang tahun leader grup terkeren sepanjang masa, Leeteuk Oppa. Terutama setelah kepergiannya wajib militer, aku merasa rindu dengan sosok itu. Aku gak pernah membuat FF dengan Leeteuk sebagai tokoh utamanya. Aku selalu kehabisan ide setiap kali membuat FF dengan cast selain The Charming Five, yaitu Kyuhyun, Donghae, Siwon, Eunhyuk, dan Kibum. Tetapi aku sangat ingin buat FF bercast utama Leeteuk, saking pengennya aku sampai berpikir keras untuk mendapatkan satu ide cerita yang bagus. Buat satu gagal, buat lagi yang lain, gagal lagi karena idenya terlalu pasaran. Pusing, tapi aku ingin membuktikan pada diri sendiri kalau itu bukanlah kelemahanku selain aku tidak pandai membuat cerita satu kali tamat. Aku bisa kok bikin cerita bagus meskipun peran utamanya bukan The Charming Five.

Benar seperti yang dikatakan oleh Thomas Alva Edison, jangan menyerah meskipun harus gagal sebanyak 99 kali, karena di dalam usahamu yang ke-100 terletak keberhasilanmu. Setelah menulis berkali-kali gagal berkali-kali pula akhirnya aku menemukan satu ide yang terpikirkan ketika aku hampir frustasi dan memutuskan membaca sebuah komik. Lalu seperti lampu ajaib yang menyala cling, idenya pun muncul begitu saja. Membuat cerita tentang seseorang yang jatuh cinta pada calon ibu tirinya sendiri, meskipun biasa tetapi patut dicoba.

Leeteuk tak pernah menyangka akan jatuh cinta kepada Hwang Eunseo, gadis cantik yang diperkenalkan ayahnya sebagai calon ibu tirinya. Ia berusaha membunuh cintanya pada Eunseo tetapi kehadiran gadis itu dalam kesehariannya justru membuat cintanya semakin membengkak. Leeteuk ingin menghindari Eunseo, tetapi entah mengapa Ayahnya justru memberikan momen yang membuat Leeteuk terus bersama Eunseo. Ayahnya seperti ingin membuatnya lebih mengenal ibu tirinya, itu menyebalkan. Sangat menyebalkan. Leeteuk akhirnya memutuskan pergi keluar neger tepat beberapa hari sebelum Ayahnya menikah tanpa tahu bahwa sebenarnya ada rencana tak terduga di balik itu.

Nah, cocok dengan judulnya bukan.

  • Promise [Take Care, Cho Kyuhyun !!]

Promise (Take Care, Cho Kyuhyun) by Dha Khanzaki

Sebagai kelanjutan dari serial Promise, seri ketiga akhirnya dibuat. Setelah kesuksesan dua FF sebelumnya *cielah*, FF yang sebenarnya dirancang khusus genre terlarang ini kembali hadir. Masih menceritakan tentang kehidupan rumah tangga Kyuhyun-Jeyoung hanya saja masalah yang disajikan berbeda *ya iyalah*.

Seperti kebanyakan masalah yang dihadapi ketika membuat FF, aku bingung menentukan konflik yang pas. Jika sebelumnya mereka pergi honeymoon, aku berpikir mungkin series kali ini Jeyoung hamil saja sebelum lulus kuliah. Tapi ah, itu terlalu awal. Tidak asyik jika hamil begitu saja maka cerita Promise akan resmi berakhir setelah Kyuhyun-Jeyoung mendapatkan anak. Karena itu, aku memikirkan solusi lain. Jeyoung pergi meninggalkan Kyuhyun selama beberapa hari untuk mengikuti seminar, sepertinya ide yang bagus mengingat Kyuhyun paling tidak bisa hidup tanpa Jeyoung.

Kyuhyun dengan berat hati merelakan Jeyoung pergi setelah istrinya itu berjanji tidak akan terpikat pada lelaki lain. Inilah janji yang menjadi pokok permasalahan. Mengapa judulnya Take Care, Cho Kyuhyun? hal itu mengacu pada kegelishan Kyuhyun karena dia takut Jeyoung dirayu pria lain dan terpikat. Terlebih saat ia melihat Kim Myungsoo, salah satu mantan blind date istrinya ternyata ikut seminar. Kyuhyun berusaha percaya, tetapi pada akhirnya ia tetap menyusul Jeyoung juga ke Busan.

Bertekad tidak akan mengejutkan istrinya dengan tiba-tiba muncul, Kyuhyun menjadi seorang penguntit. Ia mengamati apapun yang dilakukan Jeyoung dari jauh. Memastikan bahwa istrinya itu menepati janjinya. Namun betapa terkejutnya Kyuhyun ketika ia menyaksikan sendiri bagaimana Jeyoung berinteraksi dengan Myungsoo. Mereka bertingkah seperti sepasang kekasih. Kyuhyun marah, ingin sekali muncul di hadapan Jeyoung tak peduli betapa terkejutnya Jeyoung melihatnya berada di sana, bukan bekerja. Sekuat tenaga Kyuhyun menahan diri. Ia percaya Jeyoung tidak akan berselingkuh.

Jeyoung sendiri merasa bersalah karena harus membantu Myungsoo melancarkan suatu siasat. Kedekatan mereka hanyalah skenario yang dirancang Myungsoo demi meluluhkan seseorang. Kesalahpahaman pun terjadi namun berujung dengan adegan romantis antara Kyuhyun dan Jeyoung. Nah, seperti dalam seri sebelumnya, dalam seri ini pun diselipkan adegan ranjang. Sampai kini pun aku masih malu setiap membuat scene terlarang itu. Tetapi seperti sebuah masakan, aku anggap adegan seperti itu menjadi semacam bumbu penyedap yang membuat sebuah cerita menjadi lebih menarik lagi.

~~~

Okay, sekian dulu beberapa cerita di balik pembuatan FFku. Semoga bermanfaat terutama untuk teman-teman yang sedang mencoba menulis FF juga. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktunya membaca postingan sederhana ini. Sampai bertemu di Story Behind My Fanfiction Jilid 4 ^_^

199 thoughts on “Story Behind My Fanfiction [JILID 3]

  1. author satu ini emg top deh.iya kdang jd siders itu ad alasannya loh.dlu aq jd siders soalnya g tau cara ksh comment.kesini2 baru tau😀

  2. bagus-bagus semuaaa
    Author, pernah gak terbesit di hati author utk buat buku????
    Karya tulisan author tuh bagus-bagus semua. aku aja lebih suka fanfic yg author buat dibandingkan novel-novel (ya tuhan walaupun banyak tapi gak terlalu dapat feeling nya ) ku.

  3. jdi inget dlu jdi sider….^^ jujur aja dlu bner” PABO gak tau cra bkin wp so gax bsa komen,. semua postingan dri jilid 1 ampe sterusnya bisa jd motifasi bgi para author yg sdang kekurangan ide, bukan berarti jiplak dsb…cuma di jadi’in xample…^^ kesan aku kalo bca ff’y dha itu slalu kbawa alur crita…ampe gax sdar netesin air mata alay hehehe ktawa, senyum” sendiri padahal gax ada yg ngelucu…^^ dri awal aku tukang sider, but komen di fb kok, tapi sampai akhir aku bkln komen ampe author bsen

  4. Dha unnie ffnya keren semua daebak dachhhh… keren pkknya the best dachh figthing2 bnr bgt q dl jg prnh jd riders soalnya gk tau crnya coment hihihihi…

  5. aku suka ama kata2 author.bahwa siders itu bukan hama.,jujur aja aku juga sering jdi siders bahkan ampe sekarang.hehehe..bukany apa2,aku pengen bgt komen d stiap ff yg aku baca.tpi apa mau d kata adaaa aja kendalanya.yg jaringan lemot lah,yg kolom komentar gak muncul lah yg batrai mau lowbat lh.ckck~ aku juga sering sakit hati ama author2 d luaran sana yg pernah bilang siders itu hama yg harus d musnahkan,gua bingung,sebenerny dia nulis mau di baca atau apa?,apa salahny jdi siders yg pentingkan dia bukan plagiat,ada lgi author2 yg sering protec ffny karna dia anti ama siders dan saat gua minta pw karna aku udah komen yg ada malah dia buat aku kecewa.cma ff yg bercast cho kyuhyun and oc yg aku baca..karna klo castny selain itu baca jdi gak kerasa feelny,dan aku benci bgt ama ff yg bercast cho kyuhyun and artis kecuali si arti gak aku kenal and ceritanya bgus dan konsepny bkan tentang mereka adalh seorg artis..sejauh ini aku suka bgt ff author dha yg bercast cho kyuhyun walaupun gak smua yg aku baca🙂 fighting

  6. Menurut aku author itu adalah author paling keren, aku suka semua ff buatan mu thor,, baca ff di sini itu sama kaya nontn drama korea, malah aku berpikiran kalo ff buatan mu itu cocok kalo di film kan.. Suka banget sama jalan cerita nya, makan nya ff terbaru darimu selalu aku nantikan, hehe..
    Terus berkarya ya thor, fighting.!🙂

  7. Ngasi saran boleh?? Setelah ngubek-ngubek semua FF eonni, menurut aku(inget menurut aku) hampir semua FF eonni itu alurnya susah ditebak(walau ada juga yg udh ketebak) temanya keren, tapi alangkah bagusnya kalo majasnya bervariasi. maaf sblumnya, tapi entah kenapa blakangan ini aku baca FFnya eonni, kata2 kurang greget gitu… Ok fix segitu aja(jangan marah ya?)

  8. Arhhh jinja..
    Kau adalah author terbaik yg pernah aku kenali…
    Maaf jika dulu2 aku prnah jdi sider..
    Itu krn aku gatau bikin wp dan pas dah punya,aku.a gak tau cra koment..
    Hehe

  9. well ntah kenapa setelah baca story behind punya unnie aku tertarik untuk buat pengakuan jujur sja aku dulu siders bahkan dalam jangka waktu yang lama karna aku gak tau cara komennya gimana dan aku kesel banget sama diri aku sendiri karna begitu gaptek -_-
    aku suka semua cerita kakak hampir semua udah aku baca maap aku baru2 ini komen karna baru tau caranya
    dulu aku cuma baca ff yang castnya kyuhyun karna aku gak terlalu hapal wajah member suju yang lain kecuali kyuhyun sama siwon itupun sama siwon karna sering muncul di gosip aku orangnya gak suka sama cowok tampan yang menurut aku ngebosenin beda sama cowok manis seperti kyuhyun yang ngangenin *ehh curcol
    jadi aku gak terlalu tertarik baca ff castnya siwon tapi setelah baca f di blog kakak aku jadi tertarik dan ngebiasin semua member suju terutama leeteuk wuuaaahhh terima kasih yaa kak mau berbagi imajinasi kakak dengan publish ff :* terus berkarya kak ide cerita kakak selalu menarik dan buat aku berhasil deg degan bahagia *ehh
    hahaha semangat kakak🙂

  10. Jujur saja, tulisan kakak kadang juga jadi sumber inspirasi dan semangat aku untuk menulis ::)) ..
    Aku sungguh ingin menjadi author kayak kakak, yang mempunyai berbagai ide yang luar biasa tidak terduga..^^
    Maka dari itu untuk umurku yang masih menginjak 14 tahun, aku akan terus membaca semua fan fiction dari semua author yang aku tau ff nya bagus. Tapi bukan berarti fan fiction yang aku tidak baca jelek, hanya saja aku membaca tapi tidak sampai tamat..
    Dan setelah umurku 18 tahun nanti, aku akan berusaha membuat fan fiction yang menarik untuk dibaca.. :::))
    Sampai sekarang pun aku masih berusaha membuat fanfict yang menarik dibaca orang, dan fanfict itu semua menumpuk di 2 flashdisk aku.. hehe..
    pokoknya, aku akan tetap menjadi reader setia dan tetap disini walaupun kadang hp ku suka error tapi aku baca kok semua CFC kakak.. ^^
    Coz, I’m not silent reader..😀

    Bye-bye^^

  11. anyeong!! aku setuju sama eoni yang bagian silent readers. soalnya aku termasuk ke kategori itu masaㅠㅠ . soalnya aku kalau baca ff itu pake via handphone. aku juga lagi nyobain nyalurin kegemaran aku juga eon, menulis:) aku sekalian mau curcol nih/? siapa tau eoni mau kasih ilmu gitu buat aku /ngarep banget/ tapi iya loh eon, aku ngarep banget di bagi ilmu dari eoni heheyy. entah mungkin aku line99 aku kesulitan bikin setting di tiap cerita, aku juga kesulitan bikin cerita berchapter, aku biasanya bikin cerita oneshoot, karena cerita oneshoot itu semua ide langsung di tuangin semuanya dari sebuah tulisan, lain lagi kalau chapter, aku harus menunda kelanjutan dari cerita itu, kadang juga ide yang udah aku konsep jadi acak acakan /biasa amatiran/ gimana dong eon, kasih tips dong hehee. oh ya eon aku setia nunggu kelanjutan ff eon loh, semuaaanyaaaa. tiap eon ngepost baru pasti aku sama temen temen aku histeris masaa. hehe okebye eonnnn^^ /bow

  12. onnie yang ff kyuhyun promise kapan di lanjutin? penasaran sudah beberapa hari ngecek blog ini terus tapi belum ada yang di update… T.T

  13. Authorr sumpahh aku kagum bgt sm smuaa cerita authorr :3:3 thor bikin buku dong thorrr… Aku pernah beli buku fanfiction di gramed tpi ceritanya lebih bagus yg disini T^T kalo author bikin buku aku bakal jadi langganan❤ oh iya!! Udh gasabar nih kelanjutan dri dangerous boy.. Penasaran thorr :c:c buat kelanjutannya yah thor!! Semangat thorr hwaithing:)

  14. Suka sama karya author Dha, walaupun belum baca semua😀
    Gak pernah bosen sering checked wpnya, udah ada ff baru apa belum.
    Dulu aku juga sider, bukan karena males kasih comment tapi aku sukanya kalo baca ff itu offline, jadi waktu online cari deh ff sampe save pages-nya penuh. Tapi sekarang commentnya di memo dulu, ntar pas online baru dipublish😀

  15. heiii..selamat pagi..
    aku belum lama tahu adanya fanfiction, itu aku tahu ketika aku lagi ke bookstore buat cari novel. setelah keliling nemuin novel fanfiction gitu. kok baru ngehhh ya aku, kemana aja selama ini..????? baru tadi search di google dengan keyword ‘rekomendasi fanfiction’, aku nemu alamat ini di salah satu fanfiction recomended. aku buka salah satu judul di library, baca sekilas diawal dan ini sungguh menarik. pemilihan tata bahasa yang sederhana, menjadi fiksi ini begitu mudah dimengerti dan enak dinikmati. aku bisa masuk ke cerita ini, artinya kamu berhasil membuat cerita fiksi ini.
    maaf..aku minta ijin untuk ikut menikmati karyamu..
    salam kenal..yuli

  16. Bagus-Bagus semuaa thor!! Author buat Novel gitu kek, pasti kerenn deh.. Trus jualnya di Gramedia, pasti bakal laku. Saya selalu dkung author ini spya jadi Penulis Novel yang terkenal!! Semangat trus nulisnya thor!!😀

  17. Wah…
    ceritanya bagus bagus…
    author aku paling suka baca ff school in love
    lanjut dong please…

    maaf banget baru koment…
    aku baru tau cara koment sekarang*kudet*

    author terus berkarya…
    author itu inspiratif saya.saya juga suka nulis karna terinspirasi dari author dan sya itu ingin kayak author* curhat*

    semangat author

  18. halo dha…..
    seneng deh bisa main2 kesini lagi setelah sekian lama….
    sejak awal nemu ini wp, aku slalu suka dengan gaya cerita mu…🙂🙂
    ngomong2 soal siders, aku setuju bngt sama kata2mu, mereka pasti punya alasan tersendiri… berpikir positif itu kan jauh lebih baik….🙂🙂
    kalau boleh jujur, aku sukaaaaaaaaaaa bngt sama shady girl series…
    aku baca semuanya berurutan sesuai dengan instruksi dari kamu…
    ceritanyaa keren bngt!! jadi tergerak untuk membaca ulang dari awal…
    hingga kini masi menunggu Yesung story, karena jujur, aku paling penasaran sama Yesung story setelah Heechul story…
    so, tetaplah menulis yaa dha….
    banyak bngt kok yang menyukai dan mencintai karya2 kamu di luar sana….🙂🙂🙂🙂 *termasuk aku
    Keep loving our beloved Oppadeul!!!!🙂🙂🙂

  19. huaa..author dha memang daebakk🙂 aku kagum dgn semua hasil karya unnie dan semua cerita, inspirasi yg unnie kasi sangat bermanfaat😀,dan jeongmal mianhe nde unnie jk sy dlu menjadi silent,sunggu bknnya sy malas hanya sj dlu sy kurang tau bgmn crnya atau ada halangan dll hehe ^_^

    Semangat Dan Tetap Semangat Unnie,ditunggu Kelanjutan Dan Hasil Karya Unnie Selanjutnya😄

    Go..Go..Go Semangatt!! ^0^

  20. Selalu suka sama orang yang suka buat cerpen ato sebagainya lah, termasuk kak Dha.
    Entah kenapa aku mikirnya gini, kok bisa ya mereka punya imajinasi yang nggak terduga? yang menurut kita hal remeh, tapi buat mereka itu adalah suatu ide yang luar biasa.

  21. wahh aq slut bnget ma pngertian.a author🙂
    author dha emng daebakkk…
    sorry bnget aq dlu jd silent reader, tp bneran bkn.a aq gk mau commen, tp krna bner” aq gk tau cra commen.
    sbnr.a thor aq tuh reader qm dr awl author bwt blog ini. aq suka bnget ma smua krya author.
    mksh ea udh mau ngerti.in keadaan silent reader🙂🙂🙂
    author dha daebakkk (y) (y) (y) (y) (y) (y)

  22. Aku suka ketika story behind di publish. Jadi lebih tau maksud dan pesan dari ff yg dibuat itu apa, yahhhh walaupun aku bacanya yg ada kyuhyun-nya doang hehe
    Maapin yah author, aku suka baca ff cuma yg pemeran utamanya kyuhyun aja walaupun aku bukan sparkyu. Keep writing ya author. Semangat!!!

  23. aah.. thx you eoni to sharing behind the scene your amazing fanfiction.
    klu boleh jujur, alur FF eoni itu biasa tapi yang bikin Ga biasa itu cara penyampaian yg eoni buat, dari diksi yg santai, enak di baca ga perlu mikir lama, dan mgkn krn eoni buatny dg cinta dan penuh keikhlasan agar org lain bisa tersenyum. Jadilah, reader (termask aku ) bisa mersakan apa yg eoni rasakan.
    jadinya nyambung, kebayang setiap adegan yg dimainkan si tokoh, terutama Cho Kyuhyun. karena bias ku Cho kyuhyun jadi wajar ya klu imaji aku cepet bgt klu ada cerita ttg dia. haha😀
    oh y ampuun.. eoni bisa kash tahu aku, siapa org yg bilang FF eni itu sampah!.. aku mau lihat org nya spt apa.. aku mah sangsi, apa dia juga bisa membuat FF. huh! bikin naik pitam aja tu orang.
    Apa dia juga author atau cuma org yg asal ngomong. Sigh..

    oke dh eon.. aku tunggu next BTS nya..
    Love you eon..

  24. Eonnie memang Daebak😀
    Semua FF yg author buat keren”
    Ceritanya seperti nyata bukan fiction
    Eonnie ditunggu FF” yg lebih keren lagi🙂
    Semoga eonnie bisa menjadi penulis yg lebih berbakat dan terkenal😀
    Keep writing and fighting eonnie

  25. semua ff disini emang bagus semua tapi kalo boleh saran unnie alangkah indahnya kalo ff itu diambil dari sudut pandang authornya .. menurut aku kalo dari sudut pandang authornya itu kita jadi lebih gregetttt bacanya apaya kalo di cast POV itu kita jadi lebih mudah tau isi hati cast itu selqin itu author yang pake cast POV akan menulis 2 kali beberapa scene dengan sudut pandang berbeda .. yaah walaupun bisa tinggal dicopas aja truss diganti dibeberapa bagian dan itu buat cerita gk dapet feelnya maksud aku gini dibeberapa author yang pake cast POV ini pas bagian scene OCnya udah greget gemes sedih nyesek tiba tiba aja harus putus feelnya karna ganti POV lagi trus ngulang bagian itu lagi dari sudut pandang cast lain #aduhapasihini
    aku cuma mau berpendapat aja bukan ngebash yaa unnie .. aku akan selalu menunggu karya selanjutnya darimu sukses terus fithing and keep writing ;-):-):-VB-)

  26. Eoniiiiii….
    Kapan kelnjutan Faithful Love nyaa..
    Sumpah penasaran Gilakkkk, apa jadinyaaaaa !!

    Gregettt jeyong tenggelammmmm😦😦😦
    Semoga gak matii🙂🙂

  27. Aku satu pemikiran dgn mu kak, tentang silent readers krna aku ngalamin dulu. Di antara ratusan author aku pling respek cuma sama kmu kak. Krna selain karya kmu bgus2 di setiap ff nya ada pembelajaran dan ada lgi alasan yg sulit aku ungkapin pkoknya aku suka karya mu kak, suka authornya jga krna baik.

  28. Hi thor kalo ada yg blng ff author sampah jangan di pikirin thor itu tandanya mereka ori g bisa bikin ff #plakk🙂 thor school in love kapan di lanjutin aku dah penasaran banget nih😀

  29. baru baca jilid 3:v dari sekian ff yg gw baca di blog lain cuma disini yg authornya super duper baik ga nuntut komentar ga suka marah marah ga pelit pokoknya beda dr yg lain deh:)) ceritanya jg menarik ga ngebosenin malah kadang ff yg udh gw baca gw baca ulang lagi hehe..baca yg where I got inspiration cengo sendiri keren banget ide ide kakak smpe gw ga bisa ngomong apaapa lagi:D semangat buat kakak nulisnya!! jangan bosen bikin ff nya jangan bosen jg baca komen yg ga ada apaapanya ini ehehe
    eh eh gw penasaran drmana ide kakak ngebuat I Married The Bad Boy, smoga bisa di post di jilid 4/? wkwk oke bye /bowbowbow/ ♡kyu-young♡

  30. Satu kata buat Author ‘KEREN!’ Aku sukaa banget sama alur, dan cara penulisan serta bahasa yang atputhor pake untuk setiap ff yang author buat. Mungkin ada beberapa ff yang bahasanya tidak baku, tapi tetap mudah dimengerti🙂 . Pokoknya bagus semuanyaa😀 . Fighting n Keep Writing ya thorr!!

  31. Satu kata buat Author ‘KEREN!’ Aku sukaa banget sama alur, dan cara penulisan serta bahasa yang author pake untuk setiap ff yang author buat. Mungkin ada beberapa ff yang bahasanya tidak baku, tapi tetap mudah dimengerti🙂 . Pokoknya bagus semuanyaa😀 . Fighting n Keep Writing ya thorr!!

  32. Hai!! Author!; kamu salah satu author yg paling aku suka!! Tatanan bahasa yang sederhana bikin aku ngerti. Dan emang aku suka KYUHYUN duh first love banget kalo baca ffnya kak dha tuh bisa ampe senyum senyum sendiri.

  33. Hallo thor salam kenal,,
    Aq suka bngt ma karya mu bgus2 n keren2,
    Tp yng buat aq sedikit sayang, knp visual jeyoung harus gmbrny suzy, knp gk lainya ja yg pnting bukan girlband.
    Tp itu trserah amu sich, maaf itu cuma unek2q ja. Hehehe

  34. dibuatnya behind the scene dari semua ff-ff author itu bener” bermanfaat trutama buat aku yang emang suka tulis-menulis.
    kadang suka susah bingunggggggg sndiri buat cari inspirasi eh skalinya ada inspirasi ada hambatannya *nangis
    makanya diem” baca fd kaya author skalian nyari inspirasi sama feel tapi ga akan jiplak loh ka seriusss😀

  35. dibuatnya behind the scene dari semua ff-ff author itu bener” bermanfaat trutama buat aku yang emang suka tulis-menulis.
    kadang suka susah bingunggggggg sndiri buat cari inspirasi eh skalinya ada inspirasi ada hambatannya *nangis
    makanya diem” baca ff kaya author skalian nyari inspirasi sama feel tapi ga akan jiplak loh ka seriusss😀

  36. Aku kadang bingung, kenapa ada yg bilang kalau sider itu hama? Kalau mereka hama, kan ga mungkin bisa baca-_-

  37. cerita”a bagus unnie, aku jadi seneng bgt baca ff disini . jujur aku sempet jdi siders karna blm tau cra ksih komen di wp dan kadang gangguan koneksi intrrnet ><" . semangat berkreasi unnie😀

  38. sumpah aku suka bgt sama ff yg eonni tulis. semua nya menginspirasi bgt. eonni salah satu author fav aku, thanks udh bikin karya” yg bagus, maaf yh aku kdg” suka jadi siders🙂 keep writting eon. di tunggu karya selanjutnya hwaitiing!!❤

Your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s