Story Behind My Fanfiction

Story Behind My Fanfiction

Warning : Ini bukan FF. Tulisan ini diposting tidak dengan maksud apa-apa. Just share.

Dha khanzaki pict

1. Write A Story, Someting that make Me Happy.

Apa kalian pernah berkhayal? Mungkin sebagian orang berpikir orang yang suka berkhayal, melamun, ataupun bermimpi di siang bolong adalah orang paling tidak ada kerjaan di dunia. Tapi bagi aku pribadi, bermimpi ataupun berkhayal bukan suatu kegiatan yang tidak ada gunanya. Karena tanpa berkhayal, bermimpi, ataupun melamun aku tidak akan pernah menemukan ide untuk menuliskan suatu karya..

Ada seseorang yang pernah bilang: “Sia-sia lo bikin cerita banyak tapi gak ada satupun yang diterbitin”. Hei, siapapun dikau yang bilang itu harap tarik kembali kata-katamu. Ini lah caraku bahagia. Menulis membuatku bahagia. Aku menulis, membuat novel ataupun fanfiction kulakukan tanpa unsur keterpaksaan sedikitpun Jadi, jika ada orang yang mengatakan aku hanya melakukan hal yang sia-sia dengan membuat cerita. Maaf, anda salah besar. Aku menulis tidak bertujuan untuk mencari uang. Aku menulis dengan tujuan untuk menebar kebahagiaan pada orang-orang yang dengan senang hati membaca ceritaku. Karena itu setiap kali membaca komentar yang bagus dari reader, gak ada yang bisa membandingkan rasa bahagia yang aku rasa. Itu suatu bentuk kepuasan tersendiri.

Karena itu, aku selalu berharap karya-karya yang kubuat bisa bermanfaat atau setidaknya memberikan sepercik kebahagiaan dan seulas senyum bagi setiap orang yang membaca karyaku. Sekali lagi, menulis membuatku bahagia. Dan aku tidak menyesal karena sebagian waktuku habis hanya untuk memikirkan sebuah karya. Inilah, caraku bahagia.

2. Where I got An inspiration?

Pasti sebagian dari temen-temen bertanya ‘Kok bisa ya kepikiran bikin cerita kayak gini?’ atau malah kalian tidak penasaran sama sekali? Sedikit aku akan berbagi pengalamanku mendapatkan inspirasi. Kita mulai dari FF yang paling lama.

No Other by DhaKhanzaki

No Other

Ingat dengan fanfiction yang satu ini? Di sini di ceritakan tentang gadis berusia 16 tahun, Lee Jiyeon yang hidupnya berubah ketika Kyuhyun datang ke hidupnya dan memintanya menjadi pacarnya hanya karena ia tidak mengerti apa itu cinta.

Sebenarnya ide cerita ini bukan untuk fanfiction. Karena hobiku membuat novel, aku berniat membuat konsep cerita ke dalam bentuk novel. Hanya saja saat itu—tahun 2011—aku mulai mengenal para K-poper khususnya ELF dan baru tahu ada yang namanya fanfiction. Terbersit ide untuk mengubah konsep cerita yang sudah ada menjadi fanfiction. Tentu dengan Kyuhyun sebagai tokoh utama. Kenapa? Because I’m SPARKYU.

Judul ‘No Other’ sendiri terlintas begitu aja karena lagu No Other adalah lagu kunci yang membuatku suka, ralat. Aku tergila-gila pada Super Junior terutama Kyuhyun. Dan aku harap No Other ini menjadi karya pembuka dan menjadikan bahan pembelajaran pertamaku juga di dunia per-FF-an.

Jujur saja, di awal cerita aku sudah mengkonsepkan karakter ‘Kyuhyun’ adalah ‘Kibum’. Jadi Kibum adalah tokoh utama saat itu. Namun ketika part 2 sudah selesai aku kembali berpikir, “Ah, Kibum tidak cocok menjadi seorang tuan muda yang sombong dan angkuh. Itu lebih pantas diperankan Kyuhyun” setelah itu terjadilah perombakan karakter hingga akhir cerita Kyuhyun tetap berperangai angkuh, sombong, dan keras kepala sementara Kibum menjadi tokoh yang bersifat dingin, pendiam, dan misterius.

Lalu mengapa tokoh utama perempuan harus Jiyeon, kenapa bukan Original Character saja? Aku punya jawaban sendiri untuk ini. Sebenarnya aku sangat mengagumi sosok Jiyeon T-ara yang cantik, anggun, dan begitu menarik dipandang mata. Sejak melihat perannya sebagai Na Hyun Jung dalam Drama ‘God of Study’. Dan aku merasa hanya dia gadis yang pantas disandingkan dengan Kyuhyun—itu sebelum aku berpikir untuk memasangkannya dengan OC—dan jadilah.. jadilah aku KyuYeon shipper kala itu.*jiwa labil*

All My Heart By DhaKhanzaki

All My Heart

Setelah No Other selesai, aku merasa teramat sangat lega sekaligus terharu juga karena FF pertama dan perdana selesai. Namun setelah dibaca kembali dari part ke part hingga part akhir, aku merasa ada yang mengganjal. Aku baru tersadar, rupanya ada beberapa cerita yang belum terjawab bahkan terungkap. Bagaimana dengan nasib tokoh Yesung dan Kibum? Karena di akhir No Other tidak diceritakan sama sekali. Maka muncullah ide untuk membuat sekuel dari No Other.

Konsep sudah terpikir. Ide cerita pun sudah ada. Tapi ada satu kendala besar, yaitu ‘Apa judul yang cocok untuk sekuelnya?’. Jika No Other kuambil dari salah satu judul lagu Super Junior di album ke 4, maka sekuelnya pun harus judul lagu dari SJ. Sempat terpikir untuk memakai judul ‘It’s You’. Dan setelah kupikir-pikir lagi, ah.. ini tidak sesuai dengan jalannya cerita. Karena itulah, kupakai judul ‘All My Heart’ untuk sekuelnya. Kupikir judul ini tidak terlalu buruk. Dan seiring berjalannya cerita, aku semakin yakin bahwa aku tidak salah memakai ‘All My Heart’ sebagai judul. Di sini juga aku belajar bagaimana membuat cerita sesedih mungkin. Sulit, ternyata menyusun kata per kata agar menimbulkan suasana sedih itu sulit. Aku harus membaca berbagai macam buku, novel, dan cerita untuk menemukan suatu rangkaian kata yang tepat. Dan aku cukup puas dengan hasil akhirnya meskpun tetap saja, belum sebagus karya-karya author hebat lain.

Cherry blossom by Dha Khanzaki

Cherry Blossom

Pertanyaan pertama yang kudapat dari reader ketika FF ini diposting: “Kenapa judulnya Cherry Blossom?” Dihujani pertanyaan begitu jujur saja aku kaget. Ini pertanyaan yang sederhana namun jawabannya tidak sesederhana perkiraanku. Karena yang dibutuhkan di sini adalah alasan. Aku harus menjelaskan alasan mengapa FF ini diberi judul Cherry Blossom. Di sini aku mulai memakai sedikit filosofi.

Dalam bahasa Inggris, Cherry Blossom berarti bunga sakura. Disadur dari salah satu komik yang pernah kubaca yaitu komik Q.E.D (Quod Erat Demonstrandum) karya Motohiro Katou-sensei, di Jepang ada sebuah tradisi yaitu Hanami atau ritual menikmati keindahan bunga sakura di musim semi ataupun musim gugur. Dalam hanami kita tidak hanya menikmati cantiknya bunga sakura yang bersemi indah di antara ranting pohon, namun juga menikmati keindahan itu sendiri secara keseluruhan. Dari bunga sakura bersemi, mekar hingga berguguran, semua itu di nikmati dengan perasaan gembira. Dan dengan arifnya kegiatan sederhana itu memberikan kita pelajaran berharga bahwa bagaimana kita menjalani kehidupan yang indah, merasakan perubahan bentuk dari ketika lahir hingga sekarang. Sudah menjadi apa sajakah kita selama hidup? Dan apakah kita masih bisa memberikan sejumput kebahagiaan begitu kita lemah dan jatuh gugur dari dunia ini. Aku menggunakan filosofi itu untuk mendasari cerita Cherry Blossom. Bahwa bagaimana indahnya sebuah pertemuan yang berakhir menjadi takdir yang manis. Mengenai perubahan bentuk perasaan dari biasa saja hingga menjadi cinta yang sesungguhnya. Kurang lebih itu arti dibalik judul Cherry Blossom.

Cherry Blossom lebih merujuk kepada bunga sakura yang menjadi bumbu pemanis cerita itu. Momentum indah ketika Je Young—tokoh utama wanita—bertemu dengan Kyuhyun—tokoh utama pria—di iringi oleh kelopak-kelopak bunga sakura yang berjatuhan. Di saat itulah cinta di antara mereka bersemi seindah bunga sakura. Terpikir juga untuk mengartikan Cherry Blossom adalah sebuah kisah manis tentang perjuangan seseorang untuk meraih cintanya meskipun itu akan membuatnya sakit hati.

FF ini juga menjadi FF pembuka dari pasangan Kyuhyun-Je Young . Apakah ada yang tahu bahwa Je Young adalah nama Korea-ku? *senyum-senyum*. Agak narsis gak apa-apa dong?.

Dalam Cherry Blossom, terdapat seuntai kalimat yang berbunyi : “Aku tidak percaya cinta pada pandangan pertama” yang diucapkan Je Young pada Kyuhyun. For you know, itu bukan sekedar kalimat tanpa maksud. Itu berdasarkan pada pengalaman pribadi. Aku orang yang tidak beruntung dalam cinta, jujur saja. Karena itu aku tidak percaya ada cinta seperti itu. Namun sekali lagi, aku mencoba membuat FF ini sebagai pemberi semangat bahwa cinta seperti itu memang ada. Hanya saja harus ada satu syarat yang terpenuhi. Jatuh cintalah pada orang yang tepat.

Untuk karakter lain selain Kyuhyun dan Je Young, aku juga memasukkan beberapa member SJ seperti Siwon, Kibum, Eunhyuk, dan Donghae. mereka terpilih karena kupikir hanya mereka yang cocok bila menjadi sahabat Kyuhyun. dan untuk tokoh Eunri, Raeseok, Nichan, dan Heerin itu kuambil dari nama teman-teman yang tergabung dalam CHO FAMILY. *annyeong CHO Family*

cats7

My Girl Is Flower Boy (Twoshot)

Mungkin hanya sebagian orang yang tahu aku punya FF ini. Di FF ini aku mencoba peruntungan dengan menggunakan member Boyfriend sebagai tokoh utamanya. Ini adalah FF yang dibuat dalam rangka valentine sekaligus untuk merayakan ulang tahun sang leader, Donghyun. FF ini selesai dalam waktu satu hari, lebih tepatnya 3 jam sebelum aku kirim ke salah satu FP untuk lomba FF. Responnya memuaskan, dan bagi mereka yang membaca mengatakan, bahwa ini FF genre fantasy-comedy. Padahal aku mengonsepkan FF ini sebagai FF romance. *gagal total*

Singkat cerita, FF ini mengisahkan Youngmin—dalam FF ini terpaksa bertransgender menjadi perempuan—yang menyamar menjadi pria demi masuk ke Seoul of Performing Arts, sebuah sekolah elite di Seoul. Alasan utama Youngmin masuk sekolah itu selain karena Kwangmin—saudara kembarnya—bersekolah di sana juga karena Donghyun, sang kapten tim basket putra sekolah itu. Youngmin jatuh cinta padanya dan rela menyamar menjadi pria demi masuk sekolah itu (beruntung aku gak diprotes fansnya Youngmin)

Namun dalam cerita versi Twoshoot ini, Youngmin sudah menjadi kekasih Donghyun. Dan hanya mengisahkan bagaimana perjuangan Youngmin untuk memberi hadiah ulang tahun sekaligus hadiah valentine untuk kekasihnya tersebut.

Dan muncul juga berbagai kalimat protes dari reader seperti : “Kenapa Youngmin harus jadi cewek?” ah, sederhana saja untuk membalas pertanyaan itu. “Karena Youngmin lebih cantik dari wanita sekalipun” dan ide membuat FF ini pun terlintas karena rasa kagum sekaligus iri dariku pada Youngmin. *Nangis dipojokan*

Tidak hanya Youngmin yang menjadi korban Transgender di FF ini. Jeongmin dan Minwoo pun menjadi korbannya. Bahkan Heechul—berperan sebagai Eomma Jo Twins—pun menjadi korban transgender. *mohon maaf PETALS*

Guardian Angel By Dha Khanzaki

Guardian Angel

Setelah My Girl Is Flower Boy, ideku untuk menjadikan Youngmin transgender semakin terkatrol cepat. Sekarang bahkan Jo Twins menjadi yeoja keduanya. Yang menjadi dasar inspirasi dari FF ini adalah drama Korea ‘My Girlfriend is Gumiho’. Melihat akting Shin Min Ah dan Lee Seung Gi dalam drama itu membuatku terpikir untuk membuat FF dengan konsep sama, yakni pria yang diikuti oleh makhluk gaib. Dan aku sudah mempunyai ide cerita yang berbeda.

FF ini bercerita tentang Donghyun yang frustasi karena hidupnya yang berantakan. Ia mencoba untuk bunuh diri dengan terjun dari lantai 9. Namun usahanya gagal karena di saat yang bersamaan Youngmin menyelamatkannya. Awalnya Donghyun berpikir Youngmin—gadis cantik seperti bidadari—adalah orang yang menyelamatkannya. Tapi siapa sangka jika Youngmin adalah guardian angel yang bertugas menjaganya.

Belakangan, Youngmin mulai menaruh hati pada Donghyun karena terpikat pada kebaikannya. Konflik pun semakin merambah ketika Donghyun tahu alasan Youngmin menjadi guardian angelnya. Karena Youngmin masih memiliki ganjalan di dunia dan membuat dirinya tidak bisa bereinkarnasi.

Untuk FF ini, yang bertransgender adalah Youngmin, Kwangmin, dan Minwoo. FF ini juga menghadirkan Taeyeon dan Kim Jaejoong.

Would You Marry Me By DhaKhanzaki

Would You Marry Me?

Ini asli FF hasil mengarang bebas. Tidak ada konsep, tidak ada rencana untuk membuatnya. Hanya spontanitas. Bahkan judulnya pun terlintas ketika aku mulai menulis awal cerita. Dibilang terpengaruh mungkin iya. Jujur saja, aku pernah membaca FF bergenre Married Life yang bagus pake banget *aku lupa authornya*. Di situ aku kepincut pengen bikin FF bergenre married life juga. dan lahirlah FF ini.

Pasti pada penasaran juga kenapa tokoh utamanya Aira? dan ini juga FF pertama dimana aku memakai ‘POV’. Biasanya aku gak berani pakai itu. Siapa sangka waktu di pasangkan dengan Cho Kyuhyun, hasilnya justru cerita bergenre komedi romantis. Aku memang gak niat mengubah nama, karakter, atau asal usul Aira sama sekali. Aira tetap gadis berkepribadian 4 D (4 dimensi, sebutan untuk orang-orang yang berkepribadian aneh atau ganda), berdarah campuran, dan memiliki sejuta bakat.

Bagi yang belum tahu, Would You Marry Me? Bercerita tentang perjodohan antara Aira dan Kyuhyun. Yang menjadi dasar konflik di sini adalah rasa dilema Kyuhyun dimana ia harus memilih antara menikah, karirnya di Super Junior, dan GAME!! Rupanya Kyuhyun yang seorang gamer sejati lebih memilih menikah demi menyelamatkan setumpuk kaset game-nya. Mereka tidak memiliki rasa satu sama lain pada awalnya. Namun kebersamaan membuat keangkuhan di antara keduanya runtuh. Tanpa mereka sadari mereka saling jatuh cinta.

Lalu di akhir cerita muncul pertanyaan: “Kenapa Cuma sampe nikah doang?” atau “Kenapa kok udah nikah tamat sih?” aku bisa menjelaskan. Judulnya saja Would You Marry me? Tentu saja FF ini menceritakan proses bagaimana seseorang meyakinkan orang yang di sukainya agar mau menikah dengannya. Sudah pasti cerita berakhir dengan menikahnya Kyuhyun-Aira.

Show Me Your Love by Dha Khanzaki

Show Me Your Love

Sekedar info, Show Me Your Love hadir untuk melengkapi cerita Cherry Blossom. Meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan Cherry Blossom, namun rasanya kurang mantap jika tidak membaca FF ini. Karena FF ini bercerita tentang Eunhyuk dan Eunri. Dan kisah awal bermulanya kisah cinta pasangan ini. Dalam FF pun di ceritakan bagaimana seorang Donghae bisa begitu terpikat pada sosok Song Raeseok.

FF ini pertama kalinya aku menggunakan cast SJ selain Kyuhyun sebagai tokoh utamanya. Yaitu Eunhyuk. Di sini aku harus ekstra berpikir keras dan teliti. Karena bagaimana caranya agar FF ini dengan Cherry Blossom saling berkaitan meskipun tidak benar-benar tersambung. Dan tetap pasti timbul pertanyaan, “Kenapa judulnya Show Me Your Love?”. Itu tidak sembarangan judul loh, ada ceritanya juga.

Awal mulanya, tidak terpikir untuk membuat FF ini. Sama seperti kasus No Other, FF Cherry Blossom pun setelah kubaca baik-baik aku pikir ada sesuatu yang kurang. Namun tidak mungkin kubuat sekuel karena aku bingung apa konfliknya nanti. Dan mendadak dipikiranku terlintas sebuah ide. Bagaimana kalau aku membuat FF ‘before story’ aja. Jadi aku membuat FF yang mengisahkan kejadian-kejadian sebelum kejadian yang ada di FF Cherry Blossom. Tapi siapa? Nah, bagaimana jika aku membuat awal mula kisah Eunhyuk-Eunri saja? dan terpikirlah ide FF ini.

Satu masalah besar dalam setiap membuat FF. Konflik terpentingnya apa? setelah berpikir cukup keras, aku menemukan satu ide. Bagaimana kalau cerita dalam FF ini adalah tentang perjuangan Eunhyuk untuk menunjukkan cintanya pada Eunri. Karena kebetulan, karakter Eunhyuk dalam FF ini adalah pria playboy, percaya diri, dan romantis. Perjuangan Eunhyuk cukup berat untuk meyakinkan Eunri tentang kesungguhan cintanya. Dan itulah mengapa FF ini diberi judul Show Me Your Love.

Miracle Love Story by Dha Khanzaki

Miracle Love Story

Sama halnya seperti Show Me Your Love, Miracle Love Story pun merupakan ‘before story’ dari Cherry Blossom. Hanya setting di FF ini mundur dua tahun sebelumnya. Dimana Kyuhyun dan kawan-kawannya masih duduk di bangku SMA. Jika sebelumnya tokoh utamanya adalah Eunhyuk, maka FF ini mengisahkan Kibum dan Heerin. Pasangan yang terlalu ajaib.

Dilihat dari judulnya, Miracle Love Story mengisahkan tentang Heerin yang berharap bisa menemukan pangeran yang bisa mencintainya dengan tulus. Meskipun dia gadis yang ceroboh, pelupa, dan polos, Heerin tetap seorang pekerja keras, easy going, dan sederhana. Sementara Kibum seorang yang pintar, tampan dan populer. Bahkan menduduki posisi nomor 1 untuk murid paling pintar di sekolahnya. Memang seperti keajaiban, mereka berkenalan, dekat, dan akhirnya timbul rasa suka di antara keduanya. Tapi sayang, FF ini belum selesai karena ada masalah di inspirasi aku-nya *mianhae Heerin—bow*

After Wedding Story Honey Moon by DhaKhanzaki1

After Wedding Story, Honey Moon

Pasti banyak yang penasaran dengan lanjutan cerita Kyuhyun-Aira. Entah berapa banyak protesan-protesan yang masuk meminta aku membuat sekuelnya. Sebenarnya tanpa diminta pun sekuelnya udah ada. Mungkin karena castnya aku suka, jadi ide untuk FF ini mengalir gitu saja seperti air terjun. Pada dasarnya aku tidak berniat membuat cerita Kyu-Ra jadi terpecah-pecah begini. Namun Aku harus berpikir ulang. Jika tidak dipecah, pasti partnya akan panjang sekali dan ujungnya membosankan. Maka dari itu, lebih baik di pecah saja. Ada part Would You Marry Me, yang mengisahkan tentang awal perjodohan mereka, terus Honey Moon yang mengisahkan cerita lucu perjalanan bulan madu mereka, dan seterusnya. Bukankah dengan gitu akan menimbulkan rasa penasaran. *semoga aja iya*

Masih dengan kasus serupa seperti Would You Marry Me, Di part Honey Moon ini juga khusus menceritakan kisah Kyu-Ra yang berbulan madu. Khusus bulan menceritakan perjalanan bulan madunya saja setelah itu tamat. Kan judulnya saja Honey moon. Lucunya di sini, muncul tokoh Rian—sahabat Aira asal Indonesia yang kuliah di USA. Begitu cerita ini selesai, tiba-tiba saja muncul pertanyaan yang mengejutkan : “Aira ngefans Justin Bieber ama CN Blue, pasti authornya juga ngefans ama JB n CN Blue?” Aira ngefans justin bieber ama CN Blue? Kenapa? Karena Aira itu suka ama cowok yang bersuara emas—termasuk Kyuhyun—dan dia lebih suka band dibanding boyband. Tapi jelas berbeda dong, authornya ya authornya, cast ya lain lagi. ^^. Jadi kalau ada yang mikir authornya pasti fans Justin Bieber ama CN Blue. Ah, itu tidak sepenuhnya benar.

When We Meet by Dha Khanzaki

When We Meet

Ini FF Oneshoot. FF pertama aku yang panjangnya hanya 9 halaman saja. Aku speechless waktu tahu ternyata aku bisa membuat FF oneshoot juga. itu prestasi besar mengingat aku tidak bisa membuat cerpen. Bahkan cerpen aku yang pernah menang lomba saja oleh guru aku disebut cergapan—cerpen agak panjang, LOL.

Aku membuat satu pengakuan lagi. Aku susah sekali mendapat inspirasi kalau bukan Kyuhyun yang jadi cast utamanya. Karena itu ketika membuat FF ini aku hampir saja nyerah. Idenya tidak ada sama sekali. Pikiranku sempat gamang dan ketika berada di ambang keputus asaan, dengan iseng aku melihat kalender. Begitu sadar aku terkesiap. “Woah..tanggal 7 april!! Ulang tahunnya bang Siwon!!” seketika terbersit ide untuk membuat FF oneshot bertemakan ultah abang cakep yang satu ini. Tapi aku bosan dengan cerita romantis. Ingin mencoba membuat cerita yang sedih, bikin nyesek, dan mengharu biru. Aku sempat meditasi juga di gramedia, mencari kata-kata yang bagus sebagai referensi membuat cerita sedih tapi tetap saja hasilnya tidak sebagus pikiranku. Padahal idenya aku adaptasi dari cerpen yang aku bikin sendiri. sedihnya.

Waktu diposting, responnya sedikit. Aku berpikir: “mungkin saja ceritanya kurang memuaskan dan kurang sedih”. Sampai ada yang bilang kalau FF ini FF SAMPAH, gak ada mutunya sama sekali *aku nyesek banget waktu baca komentar itu* tapi berkat hujatan itu aku sadar. Kalau aku ini masih amatir dan belum bisa membuat cerita bagus. Di situlah aku mulai belajar dan belajar lagi. bukannya ingin dipuji, aku hanya ingin membuktikan diri kalau FF yang aku buat bukan FF sampah. Dan FF nya diperbaiki lagi meskipun tetap saja banyak kekurangan di sana-sini. Sudah ada yang membaca FF ini? Syukur kalau yang sudah. Kalau yang belum, silahkan ubek-ubek Library FF di sini ^_^

Shady Girl By Dha Khanzaki4

Shady Girl

Inspirasi FF ini bermula ketika aku sedang mencari-cari MV di Youtube. Tanpa sengaja menemukan MV sistar berjudul ‘Shady Girl’. Setelah kulihat dan kuperhatikan, Siapa sangka jika di MV itu model cowoknya Heechul Oppa. Seketika aku menyukainya. Begitu aku mentranslet arti dari lagu Shady Girl, aku benar-benar terkesan dengan liriklah dan muncullah sebuah ide cerita. Hanya saja aku sudah bosan jika Kyuhyun menjadi tokoh utamanya. Jadilah aku memakai Donghae, yang notabenenya member paling romantis di SJ.

Ketika membuat konsep, aku bingung setengah mati dalam menentukan tokoh utama perempuannya. Siapa kira-kira yang cocok karena aku ingin memakai OC, bukan member girlband manapun. Pikiranku benar-benar buntu. Dan aku berniat menggagalkan ide membuat cerita ini. Aku melamun untuk beberapa saat sambil tetap memutar otak mencari nama yang bagus. Setelah cukup lama terdiam, mendadak saja berkelebat ide cemerlang. “Oh, kalau gak bisa nemu nama yang bagus kenapa gak pake nama yang udah ada aja?”.

Apa temen-temen perhatikan nama-nama tokoh cewek di cerita Shady Girl? Sebenarnya itu kuambil dari nama-nama dalam drama korea loh. Haebin, aku ambil dari nama yang diperankan oleh Go Ahra di Drama ‘NO LIMIT’ hanya marganya saja yang berubah. Lalu nama Na Hyun Jung aku ambil dari drama ‘GOD OF STUDY’ yang diperankan oleh Jiyeon T-Ara. Kemudian nama Ja Rin aku ambil dari film ‘BREAD, LOVE & DREAM’. Untuk tokoh Shin In Sung, aku ambil dari Drama ’49 DAYS’. Lalu untuk tokoh Lee Sun Hee dan Kim Mira itu murni hasil karangan sendiri.

Masih sama seperti FF sebelumnya, ada juga yang bertanya : “Kenapa judulnya Shady Girl? Memangnya arti dari Shady Girl sendiri itu apa sih?”

Eng ing eng…aku ngegubrak baca pertanyaan itu. Kalau boleh jujur, aku juga gak tahu kenapa di kasih judul Shady Girl. Kata ‘shady’ sendiri artinya banyak. Tapi aku mengartikan kata ‘shady’ di sini menjadi ‘meneduhkan’. FF ini memang berkisah tentang Haebin, gadis dari keluarga miskin yang hidupnya terancam karena debt collector. Tak pernah terlintas dalam mimpi sekalipun bahwa suatu hari akan datang sosok Tuan Lee—Appa Donghae yang memintanya untuk menikah dengan putranya. Konflik dimulai begitu ia menyatakan diri bahwa ia bersedia menikah meskipun Donghae selalu bersikap dingin padanya. Pria itu pernah mengalami trauma sehingga ia berpikir untuk ‘mengasingkan diri’ dari dunia dan membenci segala sesuatunya termasuk ayahnya sendiri. Jadi shady girl itu adalah kisah gadis yang datang untuk ‘meneduhkan’ hati Donghae yang kacau balau saat itu.

How To Make You Jealous by Dha Khanzaki

How To Make You Jealous

Pada konsep awal, aku berniat menjadikan FF ini lanjutan dari No Other yang khusus menceritakan Donghae-Suzy. Lagi-lagi muncul masalah. Inspirasiku menghilang entah kemana. FF ini sempat terbengkalai di lappy cukup lama. Hingga akhirnya ada salah satu teman pemilik nama Korea Han Ji Jae melancarkan aksi protes bahwa ia tidak pernah dibuatkan FF yang tokoh utamanya dirinya sendiri. oh, okelah.. Otakku berputar cepat mencari ide yang bagus. Ketika melirik FF yang terbengkalai itu, pikiranku seketika cerah seperti matahari terbit. Bagaimana kalau aku jadikan Han Ji tokoh utama perempuan menggantikan Suzy. Kebetulan sekali biasnya adalah Donghae. Idenya langsung mengalir dan aku tidak membuang waktu segera menyelesaikannya. Dan tepat ketika ulang tahun Donghae Oppa, aku posting FF itu sebagai hadiah untuk Abang Ikan dan Han ji juga.

Dalam fanfiction ini, dikisahkan Donghae begitu bimbang dengan sikap istrinya—Han Ji Jae yang tidak pernah tampak cemburu ataupun marah. Ia berpikir istrinya tidak mencintainya karena dalam kamusnya, cinta berarti cemburu. Konflik pun dimulai. Donghae sengaja berselingkuh untuk membuktikan bahwa Han Ji mencintainya. Padahal sesungguhnya, cinta tidak selalu berarti kecemburuan.

After Wedding Story - The Trouble Begin By Dha Khanzaki1

After Wedding Story, The Trouble Begin

Sejak awal FF ini dibuat dari spontanitas saja. Tidak terkonsep sama sekali. Karena itu menurutku ini FF paling hancur dari segi tata bahasanya. Sebenarnya aku merasa malu ketika memposting FF ini. Dan syukurlah reader-deul semua suka. Setidaknya menjadi pengobat hati pelipur lara. Di sekuel ini, masalah mulai berdatangan. Tentu saja, sesuai dengan judulnya ‘The Trouble Begin’.

Masalah berawal dengan pertengkaran antara Kyuhyun-Aira. Pagi hari yang damai di Dorm Super Junior mendadak berubah tatkala Aira datang untuk mencari Kyuhyun. Terjadi salah paham di antara keduanya dikarenakan sebuah foto. Namun Kyuhyun yang terbakar cemburu enggan meminta maaf lebih dahulu hingga akhirnya ia harus menyesal karena Aira mengalami kecelakaan dan amnesia.

Yang pasti ini FF tidak terencana sama sekali. karena itu untuk sekuelnya lagi tunggu spontanitas saja ^^

Shady Girl Sungmin's Story by Dha Khanzaki5

Shady Girl Sungmin Story

Setelah Shady Girl dengan cast Donghae berakhir, datanglah beberapa komentar yang menyatakan kalimat protes seperti : “Gimana nasib Siwon-Tiffany? Terus Kyuhyun gimana? Sungmin, Eunhyuk Cuma gitu aja nih, gak ada kelanjutannya?”

Ahahhah.. jangan dulu protes kawan. Aku sudah menyiapkan sekuelnya kok. Aku senang sekali kalau ada reader yang protes seperti itu. Itu artinya dia menikmati karyaku, bukan. Karena itu aku selalu antusias dan tidak sabar menanti acara protes dari temen-temen. Itu yang terkadang membuat inspirasiku kembali dan aku semangat melanjutkan membuat FF.

Saat masih mengerjakan FF Shady Girl, tak ada pikiran untuk membuat sekuelnya. Namun ketika melihat keterkaitan antara nama In Sung dan Sungmin, mungkin akan sangat menarik jika aku menjodohkan kedua cast itu. hanya saja aku bingung dengan konflik yang mengawali cerita ini. Karenanya, untuk berhubungan dan bisa menjadi cerita yang menarik ku buat Sungmin menjadi seorang duda dengan anak berusia lima tahun. Lalu bagaimana aku menyambungkan dengan In Sung? Bagaimana juga mereka bertemu? Di sini masalah muncul kembali. Pada akhirnya aku memikirkan satu kemungkinan, kubuat In Sung bekerja di TK. Dengan begitu bukankah ada alasan untuk mempertemukan mereka berdua, yaitu Minki—putri Sungmin dalam FF.

Aku merasa nyaman ketika mengetik FF ini. Ceritanya mengalir begitu saja. Sungmin melaksanakan perannya sebagai single parent dengan sangat baik. Meskipun ia tidak merasa penting untuk menikah kembali, namun ia memikirkan nasib Minki yang masih membutuhkan kasih sayang dari seorang ibu. Pertemuan mereka bermula saat Minki dititipkan di TK tempat In Sung mengajar dan semenjak itulah di mulai kisah mereka. Di FF ini aku menghadirkan Jinyoung yang berperan sebagai kekasih In Sung. Namun hubungan mereka tidak berjalan lancar karena Eomma In Sung mengharuskan putrinya menikah dengan pria kaya.

~~~~~

(Bersambung ke Story Behind My Fanfiction Jilid 2)

198 thoughts on “Story Behind My Fanfiction

  1. ehemmm,, Eunri datang… *ngelongokk* wahhh merasa terpanggil nih Mom xixixix ^^… and CHO FAMILY Really Miss U .. terharu baca nya aku ngikutin bgt cerita nya dr No Other sampe Shady Girl nih,,, jadi yg pastiiii mom ku yg tercantikkk ini DAEBAKKKK ^^ Love U

  2. Bnr tuh aku stju m komen yg di atas. secara g lngsung, tw sinopsis dari tiap ff. jd pngen baca ff mu dari awal.
    oh ya kpn lnjutan ff imtbb nya thor?
    tp tenang aj thor aku setia kok nunggu lnjutnnya.
    fighting author…🙂

  3. wowowo ternyata ga gampang ya eunnn🙂
    tp bangga dg eunni yg bs aja buat ff, yah kadang idenyaemg pasarn tp dibungkus(?) dg sedemikian rupa jadinya yah wow fantastic baby *ala Bigbang*😄
    nice ^^

  4. wahhh unnie daebakkk gomawo unnie karena telah membuat karya” yg bagus dan dah buat readers bahagia gomawo unnie gomawo jg dah bkin ff bgs tnp di pw oh ya unnie kl blh saran akkonfliknya lbhklimaks dong unnie soalnya konfliknya unnie kurang kl shady girl ma imbb tu konfliknya dah bgs jd tu ff favoritku

  5. Woww….saluut for you thor…
    imaginasi..trus hruz ngrangkai klimt“..
    yg bs bkin crita tu hidup..feel sad, happy, worry..mm tu hal yg tak smua mdah d buat…
    Fighting…
    Blh y q bc..

  6. onnie….daebakkkk…..lanjutkan….terus….untuk…membuat….karyamu….yah….yah….please….please….don’t..be..stop…to…writing…yah….onnie…….(sambil..teriak-teriak..di..atas..gunung..everst):’-D.makasih..dah..ngasih..aku..inspirasi..untuk..mengaspresiasikan..imajinasi..kita..untuk..menjadi..suatu..karya..yang..Sangat..berharga…dan..makasih..buat..karya..onnie..dan..onnie..yang..selalu..menemaniku..dalam..menghadapi..ketidakberuntungan..dalam..perjalanan..cinta..:”)..(from…pembaca..setia..karya-karya..onnie..)

  7. onnie….daebakkkk…..lanjutkan….terus….untuk…membuat….karyamu….yah….yah….please….please….don’t..be..stop…to…writing…yah….onnie…….(sambil..teriak-teriak..di..atas..gunung..everst):’-D.makasih..dah..ngasih..aku..inspirasi..untuk..mengaspresiasikan..imajinasi..kita..untuk..menjadi..suatu..karya..yang..Sangat..berharga…dan..makasih..buat..karya..onnie..dan..onnie..yang..selalu..menemaniku..dalam..menghadapi..ketidakberuntungan..dalam..perjalanan..cinta..:”)..(from…pembaca..setia..karya-karya..onnionnie….daebakkkk…..lanjutkan….terus….untuk…membuat….karyamu….yah….yah….please….please….don’t..be..stop…to…writing…yah….onnie…….(sambil..teriak-teriak..di..atas..gunung..everst):’-D.makasih..dah..ngasih..aku..inspirasi..untuk..mengaspresiasikan..imajinasi..kita..untuk..menjadi..suatu..karya..yang..Sangat..berharga…dan..makasih..buat..karya..onnie..dan..onnie..yang..selalu..menemaniku..dalam..menghadapi..ketidakberuntungan..dalam..perjalanan..cinta..:”)..(from…pembaca..setia..karya-karya..onnionnie….daebakkkk…..lanjutkan….terus….untuk…membuat….karyamu….yah….yah….please….please….don’t..be..stop…to…writing…yah….onnie…….(sambil..teriak-teriak..di..atas..gunung..everst):’-D.makasih..dah..ngasih..aku..inspirasi..untuk..mengaspresiasikan..imajinasi..kita..untuk..menjadi..suatu..karya..yang..Sangat..berharga…dan..makasih..buat..karya..onnie..dan..onnie..yang..selalu..menemaniku..dalam..menghadapi..ketidakberuntungan..dalam..perjalanan..cinta..:”)..(from…pembaca..setia..karya-karya..onnionnie….daebakkkk…..lanjutkan….terus….untuk…membuat….karyamu….yah….yah….please….please….don’t..be..stop…to…writing…yah….onnie…….(sambil..teriak-teriak..di..atas..gunung..everst):’-D.makasih..dah..ngasih..aku..inspirasi..untuk..mengaspresiasikan..imajinasi..kita..untuk..menjadi..suatu..karya..yang..Sangat..berharga…dan..makasih..buat..karya..onnie..dan..onnie..yang..selalu..menemaniku..dalam..menghadapi..ketidakberuntungan..dalam..perjalanan..cinta..:”)..(from…pembaca..setia..karya-karya..onnie..)

  8. Wahhh ini ko author nya daebak banget ya :”), aku dhakhanzaki lovers deh😀, jarang2 author kaya kamu biasa nya ff pada di proteksi gara2 takut siders tapi disini author nya dengan senang hati membagi ceritanya tanpa takut sider :”) kalo author nya begini mah gak akan ada siders ceritanya aja bagus semu :”), aaaa ff nya wow semua :”D, semangat bikin ff nya ya thor😀

  9. Yah padahal q kra author nd q sama2 BOICE. Hehe
    tpi q juga SPARKYU.
    Di sini ff yg casnya selain kyuhyun blum banyak yg q baca,tpi lg d usahain..”sandy girls ” pengen bgt bacanya tpi bgun harus d mulai dri mana,kalo bacanya ngacak kan tar gak nymbung.

  10. walaah author nya pinter banget bikin ff sebanyak itu
    apalagi ceritanya disambung gitu cast-nya kayak di shady girl
    dae to the bak!! >.<b

  11. waah thoor
    keren banget latar belakang dr ffnya
    apalagi ff cherry blossom
    10 jempol buat thoor

    ff nya bagus semua
    pakai bangeet bahkan
    apalagi tentang kyuhyun

    semangat terus thoor buat ffnya🙂
    kami selalu nunggu

    setiap buka internet pasti blognya thoor yg d buka
    .
    soalnya fans banget sm thoor😀
    yg bisa buat cerita bagus,keren2 malah
    bahkan aku sering baca ff thoor dr pagi sampai tengah malam thoor
    garah penasaran

    juara lh buat thoor
    semangat
    semangat🙂😀

  12. ternyata masih banyak ff yg blm aku baca,,apalagi ff yg ku baca g berurutan??
    baca ini,,seakan2 baca sinopsis ff nya🙂
    lanjut bca ^^

  13. anyeong author dha khanzakiyu🙂 aku reader baru disini, sebenernya tau website ini dari flyingncfanfiction sih gegara ada author lain yang gak sengaja niru nc nya author dha, tapi dia udh minta maaf kok, smga author dha mau maafin ya. Well aku mau baca fanfficnya author ya, tetep fighting buat ff lainnya nanti❤ gomawo🙂

  14. Huaaa setelah baca ini cuma ada satu protes di otakku-untuk aku sndri-, yaitu “kenapa ga baca dari kmaren2??”😦
    ya tapi yasyudahlah😀
    sama sperti beberapa komen lainnya, postingan ini seperti sinopsis, aku juga tau mana urutan2nya, daaan aku mau baca smuanya dr awal😀
    jadi kalo ada ff yg aku komen lg gapapa ya eon, krna aku jg lupa yg mana aja, yg udh aku baca😀
    keep writing dan semoga selalu terinspirasi untuk menciptakan suatu karya🙂 aja aja!!

  15. Walau aku jarang comment.. Tp aku termasuk reader lama lho chingu.
    Smua FF nya keren-keren. Tp sayang.. IMTBB panjanggggggg kaya gerbong kereta lewat. Jadi harus sabar2 deh.
    Hahahaaa…
    Gomawo chingu. Udh bkin FF yg keren2 ttg kyu oppa :*

  16. Annyeonghaseo ^^ aku reader baru disini ^^ saat aku liat blog ini aku kepikiran buat ngobrak abrik blog ini😀 karna blognya yang bagus dan ff nya yang banyak juga foto editannya yang keren2 ^^ jujur aja aku baru obrak-abrik dan belum baca 1 ff pun hihi ^^v dan baca “Story behind my fanfiction”😀 hihi aku kagum sama eonni yang buat ini ^^ dan setelah aku baca ini aku yakin tiap ff eonni pasti bagus! ^^ kelihatan dari eonni yang mencari referensi ke gramedia ^^ eonni sangat memperhatikan tiap kata ff buatan eonni tanpa dendam sama siders yang raib alias kagak kelihatan baca ff karya eonni yang susah payah eonni buat untuk readers ^^😀 hihi izin baca ya eonn ^^ gamsahamnida ^^

    oh ya kenapa nggak bisa masukin comment pake account gmail ya ?😦 padahal aku pengen nantinya eonni kenal aku yang akan jadi calon readers langganan yang selalu kasih komentar tiap ff yang udah aku baca😀 *pedean aish -_- yasudahlah😦

  17. aku baru buka and bca…aku jadi berfikir membuat suatu karya yg bisa buat orang senang, betah, penasaran itu gak mudah…dan aku berfikir bukan suatu aib apabila kita menghayalkan sesuatu yg tak mungkin, tapi dgn adanya fans fiction yg ada di blog Dha seakan khayalan itu terasa nyata… aku cuma berharap sama Author Dha untuk terus berkarya, curahkan semua inspirasi, imajinasi, melalui sebuah karya tulisan..

  18. Author., satu kata buatmu..
    HEBAT!
    aq mrasa senang dan brtrmaksih dg tmanq yg di fb krn tlh mmbritauq ttg ff buatanmu..
    ff pertma buatan mu yg mmbuatq jtuh hti.,
    I Married With Bad Boy.
    Alur critany., feelny., smuany keren. lalu brlnjut ke ff2 mu yg lain..aplg dg cast oppadeul suju., pas bgt dch.
    semenjak itu., aq menjdi pnggemarmu, rajin membuka blogmu..
    meski ad be2rapa ff mu yg di protek, tp q hrap suatu saat nnti, password ny sgera dhpus..hehe.

    Author, trmakasih..
    ff mu benar2 mnghburku..
    Good Job! ^_~

  19. unnie, salam kenal, aku reader baru. waktu ini aku udah baca FF unnie yg judulnya Would You Marry Me?, BAGUUSS BANGET. tp aku gak smpet comment, soalnya gak ngerti caranya. maklum msih anak ingusan hehe :$
    sekarang aku sadar kalo aku bener2 ngefans sm unnie. dari dulu aku pingin baca cerita yg bagus dan bikin aku tertarik, dan baru kali ini aku baca cerita yg bisa bkin aku puas dan ketawa2 sendiri.
    untuk unnie, jangan pernah berhenti utk nulis ya.. aku selalu menantikan lanjutan FF-mu..

    Saranghaeyo. chu~

  20. Dri judul nya aja dh bgus” eonni…

    Sungguh ku binggung mau baca yg mna…
    Mskipun dh ada beberapa fanfic, tpi binggung mau baca yg mna lgi…

    Keep writing and hwaiting eonnii🙂

  21. Dri judul nya aja dh bgus” eonni…

    Sungguh ku binggung mau baca yg mna…
    Mskipun dh ada beberapa fanfic yg ku baca, tpi binggung mau baca yg mna lgi…

    Keep writing and hwaiting eonnii🙂

  22. wuah aku ngak nyangka kalau ternyata author pun buat halaman khusus untuk menceritakan semua dari yg ff pertama yg author buat,penggunaan POV pertama,member SuJu pertama yg digunakan selain kyuhyun smpe dijelaskan ini sepuel dari ini dan i2 .wow thor,neo neomu neomu D.A.E.B.A.K ! Plok plok plok
    dgn ada.a ini aku ngerasa sprt sgt mengenal author dan sbrp panjang+kerja keras.a author slama ini dlm membuat ff dan bhkn jd author yg SGT PROFESIONAL dan dah lihai. Author sgt berbakal. Diantara semua.a author yg pling byk lho yg buat ff. Wow,your amazing thor! Jeongmal. ^ _ ^ dgn ada.a ini jg aku jd th seluk beluk dari ff ini. Jeongmal gomawo thor. Mo ichido arigatou gozaimasu author Dha Khanzaki’s ^ _ ^

  23. Ping-balik: Story Behind My Fanfiction [JILID 3] | Dha Khanzaki's Fanfiction

  24. Mlam eonni, slam knal Q baitus walao gx smua Ff eonni Q brkmntar Tp Q adlah slah stu Kyuyeong shipper. Dsini Q pngn bngt t’y Q prnah bkin crpen dan krena udh b’yk FF yg Q bca trmsuk smua FF eonni disni gmna sieh cra’y biar kta bsa enjoy bkin swatu crta…???? Trus apa kta hrus p’y kompter atau laptop spya bsa bkin crita lbih gmpang…!?? Dan gma cra’y spya knsep crta yg kta p’y gx brubh2 soal’y trkdang Q udh p’y knsep’y trus krna gx p’y fsltas yg mnrut Q ckup ngblank lgi deh jdi’y…!???
    GOmawo eonni…….!!!

    • Hal yang harus ada kalau kita pengen enjoy bikin FF itu adalah good mood. Kalau mood lagi oke maka inspirasi akan muncul gitu aja tanpa perlu dipaksa. Setelah itu jangan lupa baca lagi kerangka cerita yang sudah disusun sebelumnya. Kalau aku sih nyempetin bikin kerangka cerita dulu biar kita punya gambaran gimana jalan cerita, konflik, dan karakter tokoh-tokohnya gak berubah. terus gak perlu punya laptop sih, aku aja waktu pertama kali buat FF bikinnya di catatan FB lewat HP, tapi memang lebih gampang kalau punya Laptop atau komp. Kalau memang gak punya tapi pengen bikin cerita, tulis dulu aja ceritanya di buku setelah itu kalau ada waktu baru ngetik di warnet. Yang penting kamu terus semangat, gak nyerah dan gigih.

  25. Author, makasih uda menyajikan hiburan yang memuaskan hasrat “ingin baca” kami. Terus terang sayang sekali kalo ff yang bagus2 ini gag dijadiin novel. Ayoo thor, hubungi penerbit. Klo uda terbit jgn lupa dipromosiin disini. ^^ Karya author pantas mendapat apresiasi🙂 Oiya thor, dlu pas awal baca emang bingung banget mau komen. Bikin How to Comment aja thor biar pembaca yang lainnya ngerti. Alamat surel itu alamat email sodara-sodara ^^

  26. kalo namkornya shin jeyoung berarti kelahiran tahun 92 dong,?
    Aku senang baca tiap ff kamu banyak yg menyentuh dan bikin ketawa gak jelas jg,,,
    Ampe penah aku dikiraen gila karna ketawa and senyum sendiri.,,

  27. Eonni yg cantik baik ramah dan cemerlang…maaf yaa..
    Dari pada nulis kyak gini sampe jilid2an 123, mending lanjutin ff dah eon..
    Itu lebih bagus.
    Aku ga ada maksud apa2 cuma mau kasih pendapat aja.

  28. Pokoke semua FFnya… JANGGG!!!! daebak semua, karena ak hobi baca FF jadi aku menghargai semua orang yang bisa buat FF, menurut ku mereka orang2 jenius >.<

  29. aku sk sma smua ff dsni..crtanya ga membosankan..bahasanya jg aq sk dgn menggunakan kata “aku dan kau” bkn “aku dan kamu..”
    krn kata “aku dan kamu” sperti membca novel teenlit dan mnrt q rsanya krg pas..
    wlopun trkdg ad kata “aku dan kamu” d ff ini
    tp aq ttp sk..
    sngat sk dgn crtanya..
    aq pnsran dg crita miracle love storynya kim bum..
    tlg dlnjutin yaa thor..

    dan salam knl ^^

  30. Authornya keren bisa bawa cerita jadi nyampe hati. 😀 aku bukan readers baru sih , cuma bisa dibilang aku silent readers. Maaf . Karna aku gk tau mau komen gimana. Dulu aku blm punya email.
    Salam kenal.

Your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s